Pencarian populer

Kuasa Hukum dan Agensi Kang Daniel Saling Silang Pendapat

Kang Daniel Foto: Instagram @daniel.k.here @wannaone.official
Idola K-Pop, Kang Daniel, tengah berseteru dengan agensinya, LM Entertainment. Perseteruan terjadi karena pihak agensi dikabarkan telah menjual hak kontrak eksklusif Kang Daniel ke pihak ketiga tanpa sepengetahuan sang idola.
ADVERTISEMENT
Konflik tersebut pun berlanjut hingga ke meja hijau. Kang Daniel mengajukan penangguhan kontrak eksklusif ke Pengadilan Distrik Pusat Seoul pada Kamis (21/3). Dia ingin mengakhiri kontraknya dengan LM Entertainment, karena pihak agensi tidak ingin mengubah isi kontrak eksklusifnya.
Menanggapi hal tersebut, LM Entertainment pun membantah klaim yang dibuat oleh pihak Kang Daniel. Mereka mengatakan bahwa pihak Kang Daniel atau kuasa hukumnya telah membuat klaim palsu. Bahkan LM mengatakan, kuasa hukum sang idola tidak kooperatif selama diskusi.
"(Kuasa hukum Daniel) beberapa kali merubah perwakilan serta sikap mereka pada masalah ini," ungkap perwakilan hukum LM Entertainment seperti dikutip Soompi.
Agensi Korea Selatan, LM Entertainment Foto: LM Entertainment
Berikut pernyataan lengkap dari perwakilan hukum LM Entertainment terkait konflik antara kliennya dan Kang Daniel.
ADVERTISEMENT
"1. Halo. Ini adalah pengacara Kim Mun Hee dari firma hukum Jipyong, mewakili agensi Kang Daniel, LM Entertainment.
Saya menyampaikan pernyataan resmi LM Entertainment pada (permintaan) aplikasi baru-baru ini atas perintah, dan penangguhan dari kontrak eksklusifnya oleh Kang Daniel.
2. Kontrak eksklusif antara Kang Daniel dan LM Entertainment adalah kontrak eksklusif standar yang disediakan oleh Komisi Perdagangan, dan LM Entertainment telah membayar bonus penandatanganan yang disepakati dalam kontrak.
Meskipun demikian, bahkan sebelum kontraknya berlaku, (Kang Daniel) mengirimi kami pemberitahuan melalui perwakilan secara samar-samar, (pihak Kang Daniel) mengatakan bahwa kontrak itu tidak adil, meminta agar kontrak diubah tanpa memberi kami spesifikasi apa pun. Setelah itu, kami mengadakan empat pertemuan negosiasi dengan CEO Won, yang telah menyatakan dirinya sebagai mediator. Tetapi kami akhirnya menerima pemberitahuan dari para pengacara dengan kabar palsu, termasuk klaim bahwa (Kang Daniel) tidak pernah menerima bonus penandatanganan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, permintaan terbaru dari pihak Kang Daniel ini mengklaim, bahwa LM Entertainment melanggar ketentuan kontrak dengan menandatangani hak kepada pihak ketiga. Tetapi, kontrak tersebut hanyalah sebuah kontrak di mana LM Entertainment menerima investasi dari agensi lama Kang Daniel, MMO Entertainment, untuk memberikan dukungan terbaik kepada Kang Daniel dalam kegiatan hiburannya.
LM Entertainment tidak pernah menandatangani hak eksklusif kepada pihak lain dan memegang semua hak, termasuk untuk perencanaan album, fan meeting, konser, dan kontrak kerja lainnya, bisnis barang dagangan, casting, dan manajemen. LM Entertainment secara eksklusif menjalankan hak-hak ini, tanpa partisipasi dari siapa pun (pihak ketiga).
3. LM Entertainment telah menahan diri untuk tidak mengambil tindakan buru-buru apa pun, demi mencapai kesepakatan bersama, dan telah beberapa kali duduk bersama (dengan) perwakilan Kang Daniel untuk menghilangkan kesalahpahaman, dan dalam upaya berkelanjutan untuk mencapai titik kompromi.
ADVERTISEMENT
Namun, pihak Kang Daniel telah beberapa kali berganti perwakilan dan juga sikap mereka pada masalah ini. (Mereka) akhirnya mengabaikan apa yang dibahas dalam pertemuan kami dan mengajukan permohonan untuk penghentian dan pemutusan kontraknya.
Situasinya sedemikian rupa, sehingga LM Entertainment tidak punya pilihan selain meninjau dengan hati-hati isi permintaan perintah pengadilan dan untuk mengambil tindakan hukum.
4. LM Entertainment telah mempersiapkan diri, sehingga Kang Daniel akan segera dapat melakukan promosi solo begitu kontraknya mulai berlaku, dan kami menyesal harus menyampaikan berita seperti ini kepada penggemar Kang Daniel dan kepada publik.
Meskipun kami tidak punya pilihan selain bergerak maju dengan perselisihan hukum, LM Entertainment dengan pikiran terbuka, akan melanjutkan upayanya untuk mendapatkan kembali kepercayaan dan mencapai kompromi dengan Kang Daniel. Serta berupaya mengembalikan Kang Daniel ke aktivitasnya sesegera mungkin. Terima kasih."
ADVERTISEMENT
Pihak kuasa hukum Kang Daniel bantah klaim LM Entertainment
Idola K-Pop, Kang Daniel. Foto: Instagram/@thisisdaniel_k
Perwakilan hukum Kang Daniel membantah klaim LM Entertainment soal tidak adanya pelanggaran ketentuan kontrak dengan menjual hak manajemen Kang Daniel kepada pihak ketiga.
Berikut ini adalah pernyataan resmi dari Yulchon LLC yang mewakili Kang Daniel.
"Halo, ini pengacara Yeom Yong Pyo dari firma hukum Yulchon, yang menjalankan urusan hukum untuk penyanyi Kang Daniel.
Pertama, Kang Daniel telah berulang kali ingin menyampaikan permintaan maafnya kepada para penggemar dan publik Korea yang menghargai dirinya, untuk menjalankan proses hukum yang sedang berlangsung (dengan agensinya).
Untuk membantu agar orang-orang yang tertarik dengan kasus ini lebih paham, Yulchon akan mengatakan yang sebenarnya atas nama Kang Daniel. Dengan fokus pada aplikasi yang kami ajukan ke pengadilan, untuk meminta penangguhan kontrak eksklusif (Kang Daniel dengan LM Entertainment).
ADVERTISEMENT
Poin penting dari pengajuan aplikasi ke pengadilan untuk putusan (terhadap LM Entertainment), untuk penangguhan kontrak eksklusif (Kang Daniel) adalah, "apakah (agensi) menjual berbagai hak yang tertulis dalam kontrak eksklusif Kang Daniel ke pihak ketiga tanpa persetujuan Kang Daniel."
Kang Daniel menandatangani kontrak eksklusif dengan LM Entertainment pada 2 Februari 2018, setahun sebelum kontrak berlaku pada 2 Februari 2019. Namun, pada 28 Januari 2019, yang sebelum kontrak eksklusif diberlakukan, LM Entertainment menandatangani kontrak bisnis dan menjual (hak kontrak eksklusif Kang Daniel) termasuk pembuatan konten kerjasama dan hak manajemen Kang Daniel kepada pihak ketiga.
Konteks (dari kontrak bisnis kerjasama) terutama melibatkan beberapa poin bahwa, "lima tahun kontrak eksklusif, hak inti dari kontrak eksklusif, termasuk hak untuk memproduksi dan mendistribusikan konten musik, konser dan hak bisnis internasional, dan hak negosiasi mengenai aktivitas (Kang Daniel) di industri hiburan, akan secara eksklusif diberikan kepada pihak ketiga."
ADVERTISEMENT
Kami juga dapat mengonfirmasi bahwa sebagai ganti (untuk menjual hak), LM Entertainment menerima uang muka dari pihak ketiga yang tiga kali lipat (lebih besar) jumlahnya dari agensi (LM) yang dibayarkan ke Kang Daniel, untuk menandatangani kontrak eksklusif.
Namun, Kang Daniel tidak menerima penjelasan sebelumnya tentang penandatanganan dan konteks kontrak bisnis kerjasama, atau dia tidak memberikan persetujuannya.
Kang Daniel kemudian mengetahui bahwa LM Entertainment, yang ia percayai, menandatangani kontrak bisnis kerjasama dengan pihak ketiga tanpa persetujuannya, dan perseteruan hukum dimulai ketika penyanyi (Daniel) meminta agensi untuk membuat koreksi mengenai hal ini.
Untuk menyelesaikan konflik dengan lancar, Kang Daniel membuat banyak permintaan kepada LM Entertainment untuk memperbaiki peristiwa ilegal dan tidak adil yang disebutkan di atas. Tetapi dia gagal mendapat tanggapan positif dan memutuskan untuk mengajukan banding atas keputusan pengadilan.
ADVERTISEMENT
Yulchon mengharapkan kebenaran kasus ini terungkap dengan jelas melalui pertanyaan tentang penangguhan kontrak. Dan Kang Daniel saat ini menyatakan keinginannya untuk hasil yang masuk akal, agar ia dapat kembali ke pelukan penggemar secepat mungkin," tulis kuasa hukum Kang Daniel.
Kang Daniel sendiri pernah mengatakan di fan caffe resmi miliknya bahwa dia meminta dukungan kepada penggemarnya terkait masalah ini, dan berharap para penggemar untuk tidak khawatir. Buntut konflik ini pun nampaknya akan berimbas pada jadwal individunya, salah satunya tidak masuk ke lineup KCON.
"Ada kemungkinan besar bahwa Kang Daniel akan dimasukkan (ke dalam daftar artis KCON) jika masalahnya (dengan agensi) entah bagaimana telah diselesaikan," ujar seorang narasumber, seperti dikutip Soompi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81