kumparan
30 Sep 2018 19:53 WIB

kumparan K-Playlist: Lagu Ballad untuk Menyambut Musim Gugur di Korea

Lagu-lagu K-Pop untuk menyambut musim gugur di Korea. (Foto: Berbagai sumber)
Oktober tiba dan musim gugur semakin terasa di Korea Selatan. Biasanya, para penikmat musik Korea pun akan mengganti isi playlist mereka--yang sebelumnya berisi lagu musim panas nan ceria--dengan lagu-lagu melankolis khas musim gugur.
ADVERTISEMENT
Dalam story ini, kumparanK-Pop merekomendasikan lima lagu ballad yang sesuai dengan tema musim gugur di Korea. Ada lagu favoritmu?
1. Akdong Musician - Time and Fallen Leaves
Duo K-Pop Akdong Musician pernah merilis lagu ballad berjudul 'Time and Fallen Leaves' di bulan Oktober 2014. Saat dirilis, lagu bernada akustik ini sempat merajai berbagai chart musik digital Korea Selatan.
Lewat lagu ini, kakak-beradik Lee Chanhyuk dan Lee Soohyun menyanyikan kenangan yang muncul saat daun-daun berguguran. Lewat lirik lagu itu, mereka bercerita soal hal-hal yang sudah berlalu dan perasaan sedih yang timbul saat teringat akan hal yang telah lampau.
2. Crush - Fall
Video
Di bulan Oktober 2016, penyanyi solo Korea yang dikenal dengan gaya bernyanyi R&B-nya, Crush, merilis lagu berjudul 'Fall'. Sesuai judulnya, pria yang memiliki nama asli Shin Hyo Seob ini pun menyanyikan nada melankolis yang menggambarkan rasa kehilangan di musim gugur.
ADVERTISEMENT
Hal ini tergambar jelas lewat liriknya. Misalnya, dalam penggalan yang berarti, "Dalam musim dingin yang hangat, musim semi yang malas, dan musim panas yang terik, semua mimpiku tentang keempat musim adalah (tentang) kamu. Namun, kamarku tetap bertahan di musim gugur."
3. Roy Kim - When Autumn Comes
Video
Solois K-Pop yang mahir membuat lagu-lagu ballad menyentuh hati, Roy Kim, merilis 'When Autumn Comes' pada Oktober 2014. Kali ini, jebolan acara musik 'Superstar K4' itu menyajikan sebuah lagu ballad akustik dengan iringan gitar dan biola yang sederhana, namun dapat merasuk ke hati pendengarnya.
Tak jauh berbeda dengan lagu-lagu lain yang dirilis pada musim gugur, 'When Autumn Comes' juga memiliki pesan yang sangat melankolis. Misalnya, seperti yang tergambar dalam liriknya, "Saat daun-daun mulai menguning, hatiku terasa semakin dingin. Apakah kamu juga tidak bisa tidur karena memikirkanku?"
ADVERTISEMENT
4. Kyuhyun 'Super Junior' - At Gwanghwamun
Video
Bergabung dengan para penyanyi yang merilis lagu melankolis di musim gugur, Kyuhyun 'Super Junior' merilis 'At Gwanghwamun' pada November 2014. Meski judulnya tidak menggambarkan musim gugur secara gamblang, konsep yang disajikan Kyuhyun dalam lagu ini menggambarkan konsep musim gugur dengan baik.
'At Gwanghwamun' adalah sebuah lagu ballad mengenai pria yang belum bisa melupakan mantan kekasihnya. Pria tersebut digambarkan masih terus berdiri di Gwanghwamun, berharap kekasihnya akan kembali.
5. K-Will - You Don't Know Love
Video
Solois K-Pop, K-Will, kerap merilis lagu yang disesuaikan dengan pergantian musim di Korea. Pada 2013, dia merilis mini album berjudul 'Will in Fall' dan mempromosikan lagu utama album, 'You Don't Know Love', di acara musik Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Berkaitan dengan judulnya, lagu ballad yang dominan iringan gitar akustiknya ini menceritakan soal pria yang menganggap kekasihnya egois. Pria ini menyebut kekasihnya tidak paham apa artinya cinta, lantaran terus memikirkan mengenai dirinya sendiri dan sering meminta mengakhiri hubungan mereka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·