Pencarian populer

kumparan K-Playlist: Transformasi Musik Apink

Girlband Apink Foto: Berbagai sumber

Apink, grup idola K-Pop yang debut di tahun 2011, kini resmi memasuki tahun ke-8 dalam karier mereka. Meski awalnya kerap membawakan musik ceria nan polos, kini Chorong cs sudah mulai mantap menggunakan konsep dewasa.

Misalnya, seperti yang tergambar dalam lagu-lagu dalam K-Playlist ini. Bertahun-tahun lamanya, Apink konsisten menggunakan lagu berjenis bubblegum K-Pop yang manis dalam lagu-lagu mereka.. Namun, dalam dua tahun terakhir, mereka berganti haluan, membawakan lagu-lagu dance-pop dan akhirnya menggunakan konsep dewasa.

Seperti apa saja lagu hits Apink? Yuk, simak.

1. I Don't Know

Apink memulai kariernya di dunia K-Pop pada 2011, dengan mini album berjudul 'Seven springs of Apink'. Saat itu, dengan formasi orisinal berisi tujuh orang anggota, mereka mempromosikan 'I Don't know', lagu andalan dari mini album tersebut.

Lewat lagu buatan komponis Super Changddai ini, Apink menunjukkan konsep sebagai 'fairy girlband’--grup idola yang mengusung konsep manis, imut, polos. Ini terlihat jelas dari konsep visual, juga gaya musik dan lirik mereka dalam lagu tersebut.

'I Don't Know' adalah lagu berjenis bubblegum K-Pop yang bernada riang dan dinyanyikan dengan manis. Lagu ini bercerita mengenai gadis yang bertanya, bagaimana mungkin pujaan hatinya tidak mengetahui kalau dia menyukainya. Gaya seperti ini sering dibawakan oleh grup idola K-Pop yang memang menggunakan konsep polos.

2. NoNoNo

'NoNoNo' merupakan title track dari 'Secret Garden', mini album Apink yang dirilis pada 2013. Lagu yang ditulis oleh Shinsadong Tiger dan KUPA ini merupakan salah satu lagu ikonis dari Apink hingga saat ini.

Dalam 'NoNoNo', Apink menghadirkan gaya musik pop yang bercampur dengan retro--salah satu gaya andalan mereka hingga kini. Sementara, lirik lagu ini berisi penghiburan agar seseorang yang dikasihi tidak merasa sedih lagi.

Misalnya, seperti tergambar dalam reff-nya yang berarti, "Jangan bersedih, no no no. Kau tidak sendirian, no no no. Kau selalu menjadi cahaya bagiku. Genggam tanganku, datanglah dan bersandarlah padaku. Aku akan selalu jadi kekuatanmu."

3. Mr. Chu

'Mr. Chu' adalah lagu yang terdapat dalam 'Pink Blossom', mini album yang dirilis Apink pada 2014. Hingga saat ini, 'Mr. Chu' dapat disebut sebagai salah satu lagu Apink yang paling tenar.

Lagu yang dibuat oleh Duble Sidekick dan Seion ini masih menghadirkan gaya musik khas Apink, yaitu bubblegum pop. Liriknya sendiri menceritakan soal pujaan hati yang dinamakan 'Mr. Chu'.

4. LUV

'LUV' adalah title track dari mini album 'Pink Luv' yang dirilis pada November 2014. Lagu ini masuk dalam daftar 10 karya top Apink di situs musik terbesar Korea Selatan, Melon.

'LUV' merupakan lagu pop bergaya retro dengan nada melankolis. Lagu buatan Shinsadong Tiger dan komponis BeomXNang ini menceritakan mengenai kenangan manis bersama mantan kekasih.

5. Remember

'Remember' adalah title track dari full album 'Pink MEMORY' yang dirilis pada Juli 2015. Lagu yang juga dibuat oleh Shinsadong Tiger dan BeomXNang ini memiliki nada dan tema yang sangat mirip dengan 'LUV', seolah menjadi kelanjutan dari karya

Hal yang membedakan 'Remember' dan 'Luv' adalah latar waktu dalam lagu. Bila 'LUV' adalah lagu yang mengangkat tema mengenai kerinduan terhadap mantan kekasih secara umum, 'Remember' bercerita soal kenangan di musim panas yang menyenangkan.

6. I'm So Sick

'I'm So Sick' adalah title track dari 'One & Six', mini album yang dirilis oleh Apink pada Juli 2018. Lagu ini bisa dikatakan sebagai karya yang menandai titik balik dalam karier Apink. Setelah beberapa tahun membawakan lagu-lagu manis yang mengedepankan konsep polos, Apink akhirnya memeluk konsep dewasa lewat lagu ini.

'I'm So Sick' adalah lagu yang bercerita mengenai gadis yang telah lelah berpura-pura di hadapan kekasihnya. Lagu yang dibuat oleh komponis Black Eyed Pilseung ini memiliki gaya musik dance-pop yang modern dan bertempo cukup cepat, sangat berbeda dengan apa yang diangkat oleh Apink sebelumnya. Tema lagu ini juga didukung dengan konsep visual Apink yang jauh lebih dewasa dalam video klipnya.

7. Eung Eung

'Eung Eung' adalah karya terbaru Apink. Lagu ini dirilis pada Januari 2019 dan merupakan bagian dari mini album teranyar yang berjudul 'Percent'.

Lewat lagu ini, Apink semakin mantap tampil dengan konsep dewasa, meski tanpa membuang kesan feminin dan manis. Mereka kembali membawakan musik dance-pop buatan Black Eyed Pilseung dan meraih kesuksesan di chart digital musik Korea Selatan.

'Eung Eung' sendiri merupakan lagu yang bercerita soal wanita yang ingin menemukan pria idamannya. Hal ini tidak hanya digambarkan melalui liriknya, tetapi juga melalui perlambangan dalam video musiknya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22