Pencarian populer

Melihat Arah Fashion Girlband K-Pop di Awal Tahun 2019

Girlband K-Pop di tahun 2019. Foto: Berbagai Sumber

Setiap tahun, selalu menarik untuk memperhatikan arah fashion grup girlband K-Pop. Sebab, apa pun yang terlihat di layar kaca adalah perlambangan dari kerja keras para fashion coordinator dalam menyajikan tampilan teranyar, di tengah batasan berupa banyaknya jumlah grup idola yang ada, dan variasi fashion yang sudah pernah dicoba sebelumnya.

Biasanya, yang mungkin dilakukan oleh agensi K-Pop adalah mencetak konsep fashion yang menggambarkan konsep lagu grup yang bersangkutan. Selain itu, mereka juga akan memadukannya dengan unsur-unsur yang sedang tren di tahun itu, seperti aksen sequin dan juga pemilihan brand high end yang banyak digunakan belakangan.

Video

Tahun ini, salah satu girlband yang paling pertama mengeluarkan konsep terbaru mereka adalah adalah Apink. Grup debutan 2011 ini merilis 'Eung Eung', title track dari mini album 'Percent' yang dirilis pada Januari 2019. Dalam comeback kali ini, grup dari Plan A Entertainment ini mencoba tampil lebih dewasa dan sensual, meski tidak membuang unsur feminin dan manis. Hal ini bisa dilihat dari pilihan baju para anggota dalam video klip 'Eung Eung', yang didominasi oleh busana pendek dan penggunaan knee-high boots. Pilihan gaya ini seolah digunakan untuk melengkapi konsep Apink yang mengarah ke retro-mature, seperti yang sudah berusaha mereka usung sejak 2017.

Video

Selanjutnya, ada Cherry Bullet, girlband terbaru FNC Entertainment yang menggunakan gaya girly-feminine dalam lagu debut 'Q&A'. Dengan memadukan rok pendek, sweater, juga kaus dengan boots bersol tebal, mereka menghadirkan kesan perempuan muda yang manis dan energik. Hal ini disesuaikan dengan konsep musik 'Q&A' yang ceria, juga demografi para anggotanya yang sebagian besar masih berusia di bawah 20 tahun. Gaya girly ini sangat mungkin akan digunakan oleh girlband rookie lain yang akan debut di tahun 2019, mengingat usia mereka yang masih sesuai untuk menggunakan gaya tersebut.

Video

Kemudian, ada ITZY, girlband K-Pop besutan JYP Entertainment yang sebentar lagi akan debut. Meski memiliki rentang usia yang mirip dengan Cherry Bullet, grup ini tampak menggunakan pilihan fashion yang cukup berbeda, yaitu gaya glam-rock, meski masih memiliki sentuhan feminin. Misalnya, seperti terlihat dari pemakaian jaket dan kaus ala rocker yang dipadukan dengan riasan dan juga aksesoris feminin. Selain itu, hal lain yang terlihat menonjol dari pilihan fashion ITZY adalah penggunaan baju-baju high end, misalnya dari brand Fendi dan Balmain. Merek-merek ini banyak digunakan oleh grup idola K-Pop selama beberapa tahun terakhir.

Video

Tak berhenti di situ, ada pula girlband yang kembali menggenakan gaya fierce-chic, seperti yang ditunjukkan oleh CLC dalam lagu terbaru yang berjudul 'No'. Kali ini, girlband beranggotakan tujuh orang ini beramai-ramai menggunakan fashion yang bergaya cenderung bold, ditandai dengan penggunaan busana hitam yang dikombinasikan dengan stiletto boots. Ini seolah melengkapi konsep sexy-bold, seperti yang telah dikembangkan CLC sejak setahun terakhir.

Video

Selain itu, ada juga girlband yang masih mengeksplorasi tema fashion 'feminine-innocent'. Misal, seperti yang diperlihatkan Gfriend dalam sebagian besar video klip lagu terbarunya, 'Sunrise'. Gaya fashion ini sudah banyak digunakan oleh girlband-girlband lain, seperti yang dipakai SNSD, Apink di awal masa debut, juga Gfriend hingga kini. Gaya fashion ini biasa ditandai dengan pemakaian gaun warna putih atau pastel, dengan aksen seperti renda.

Mana gaya yang jadi favoritmu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60