Pencarian populer

Melihat Keseruan Konser BTS di Seoul Lewat Film Layar Lebar

Poster film konser 'BTS World Tour Love Yourself in Seoul'. (Foto: Twitter/@CBIpictures)

Film konser perdana BTS, 'BTS World Tour Love Yourself in Seoul', diputar serentak di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, pada Sabtu (26/1). Lewat film yang hanya diputar satu hari ini, para penggemar diajak melihat aksi BTS dalam pertunjukan pembuka tur konser dunia 'Love Yourself' di Seoul, Korea Selatan, Agustus 2018.

Bisa dibilang, keberadaan film itu seolah menggambarkan posisi BTS di industri hiburan Korea Selatan saat ini. Sebab, tidak semua grup idola K-Pop memiliki film konser. Sejauh ini, hanya grup-grup papan atas saja yang memasarkan konser mereka dalam bentuk film. Misal, para artis SM Entertainment lewat film konser 'I Am', grup idola Twice lewat 'Twiceland', dan juga BTS.

Video

Dalam film yang berisikan mengenai konser BTS ini, penonton diajak melihat pertunjukan 'Love Yourself in Seoul' dengan teknik close-up. Selama kurang lebih dua jam, penonton bisa melihat detail ekspresi dan koreografi RM, V, Jungkook, Jimin, Suga, J-Hope, serta Jin, saat membawakan lagu-lagu seperti 'DNA', 'IDOL', 'Run', maupun medley lagu-lagu lama mereka. Ini tentu berbeda dengan konser asli dengan view yang terbatas, khususnya bagi mereka yang duduk cukup jauh dari panggung.

Meski begitu, film ini nyaris tidak memiliki sesi ment (menyapa penggemar) sama sekali. Dengan kata lain, penonton hanya terus disuguhi dengan penampilan panggung apik BTS, tanpa adanya adegan dialog antara para idola dengan penontonnya di konser.

Walau demikian, pemutaran 'Love Yourself in Seoul' tetap terasa seru. Terutama, karena penonton beramai-ramai menikmati film, layaknya orang-orang yang memang sedang berada di arena konser.

kumparanK-Pop menonton film 'Love Yourself in Seoul' dari kelas ScreenX di bioskop CGV Grand Indonesia, Sabtu (26/1). Sepanjang pemutaran film, ada banyak penonton yang mengayunkan glow stick--suvenir yang memang diberikan pihak bioskop jika membeli minuman dan snack. Selain itu, ada fans-fans yang bernyanyi dan meneriakkan fan chant, mengikuti lagu yang sedang dibawakan oleh penyanyi idola.

Perilaku ini mungkin dianggap 'tidak lazim' di dalam bioskop. Namun, ini umum terjadi dalam pemutaran film konser K-Pop. Sebab, film konser memang didesain untuk menghadirkan pengalaman yang semirip mungkin dengan konser, membuat penonton seolah berada di arena pertunjukan.

Kemudian, bila menonton dari kelas ScreenX (proyeksi tiga layar), penonton berkesempatan menyaksikan penampilan dengan penampakan yang lebih besar. Tak cuma bisa menonton dari layar utama, penonton juga bisa menyaksikan detail-detail lain konser lewat layar-dinding yang berada di kanan-kiri mereka. Ini tentu menjadi nilai tambahan yang dicari penonton, lantaran dirasa bisa menghadirkan pengalaman menonton yang lebih maksimal.

Berbicara secara objektif, film ini sebetulnya tidak bisa seratus persen menggantikan konser BTS. Terutama, karena skala ruangan dan interaksi yang begitu berbeda. Semirip-mirip-nya film ini dengan konser aslinya, penonton masih tidak akan bisa sepenuhnya merasakan energi dan atmosfer asli dari konser BTS. Apalagi, grup pelantun 'Blood, Sweat, and Tears' ini dikenal sebagai salah satu grup idola dengan presensi panggung yang kuat dan kerap membuat penonton menari mengikuti lagu mereka.

Akan tetapi, ini tidak berarti bahwa film itu tidak menghibur. Tak sedikit fans yang mengatakan kalau menonton film ini terasa seperti menyaksikan konser BTS yang sesungguhnya. Banyak juga fans yang merasa senang, karena mereka belum berkesempatan menonton konser BTS secara langsung.

"(Film ini) latihan sebelum (kami) menonton (konser yang sesungguhnya)," sebut Indah NabilahMelihat Keseruan Konser BTS di Seoul Lewat Film Layar Lebar, fans BTS, seusai pemutaran film konser di CGV Grand Indonesia.

Uniknya, keseruan film konser BTS tidak terbatas pada sesi pemutarannya saja. Kemeriahan film konser ini juga bisa terlihat hingga usai pemutaran film.

Pada Sabtu (26/1), sekelompok fans yang berkerumun di luar teater CGV dan beramai-ramai menyanyikan, menarikan koreografi lagu hits BTS, memeriahkan suasana pemutaran film yang berlangsung seharian.

Video

Saat ini, masa penyayangan reguler film konser BTS telah usai. Namun, mereka yang belum sempat menonton film tersebut, masih bisa mencoba mengejar jadwal penayayangan di bioskop berteknologi ScreenX.

Film konser 'BTS World Tour Love Yourself in Seoul' menandai kreasi film layar lebar kedua BTS. Sebelumnya, grup beranggotakan tujuh orang ini baru saja menghadirkan film dokumenter layar lebar yang bertajuk 'Burn The Stage The Movie' dan meraih kesuksesan besar.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60