Pencarian populer

Membandingkan Latata dan Hann, Lagu Milik Girlband (G)I-Dle

Grup idola K-Pop (G)I-Dle. (Foto: Cube Entertainment)
Grup idola debutan Cube Entertainment, (G)I-Dle, baru saja kembali dengan lagu terbaru berjudul 'Hann (Alone)'. Konsep yang diusung (G)I-Dle dalam lagu terbaru mereka sangat berbeda dengan single pada album sebelumnya, 'Latata'.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, dalam kedua lagu tersebut, (G)I-Dle sama-sama membawakan aransemen musik Moombahton yang seolah mengajak pendengarnya bergoyang. Akan tetapi, lewat 'Hann', grup yang dikepalai oleh Soyeon eks Produce 101 ini mencoba konsep yang cukup berbeda dengan lagu sebelumnya, 'Latata'.
Kira-kira, seperti apa perbedaannya?
1. Latata
Video
(G)I-Dle memulai karier mereka di industri musik pop Korea Selatan pada 2 Mei 2018. Saat itu, mereka merilis mini album pertama, 'I am', dengan title track yang bertajuk 'Latata'.
Lewat lagu itu, Miyeon, Minnie, Soojin, Soyeon, Yuqi, serta Shuhua memperkenalkan identitas mereka sebagai girlband rookie baru Cube Entertainment. Alih-alih mengusung konsep manis atau imut, grup junior girlband 4Minute ini memilih untuk memasarkan diri lewat konsep girl crush, seperti yang mereka sajikan dalam 'Latata'.
ADVERTISEMENT
'Latata' adalah sebuah lagu dance-pop yang dibuat dengan aransemen Moombahton. Lewat aransemen dan irama lagu yang asyik, ditambah dengan koreografi dan visual yang menarik, lagu ini berhasil mencuri perhatian penikmat musik K-Pop.]
Grup idola K-Pop (G)I-Dle. (Foto: Cube Entertainment)
Meski baru saja debut, (G)I-Dle berhasil meraih banyak perhatian lewat lagu bertema cinta itu. Hanya berselang 20 hari sejak dirilis, 'Latata' berhasil membawa (G)I-Dle memenangkan posisi pertama di acara musik Korea Selatan.
Otomatis, ini menjadikan (G)I-Dle sebagai salah satu girlband yang paling cepat meraih peringkat pertama di acara musik Korea Selatan. Mereka pun berdiri bersama Blackpink dan SNSD dalam kategori tersebut.
Tak hanya itu, sampai saat ini, video klip lagu 'Latata' telah ditonton hingga lebih dari 53 juta kali di YouTube. Jumlah views tersebut menunjukkan popularitas grup tersebut di kalangan netizen, baik yang berasal dari Korea maupun internasional.
ADVERTISEMENT
2. Hann (Alone)
Video
Melanjutkan langkah mereka, pada 14 Agustus 2018, (G)I-Dle merilis single yang berjudul 'Hann'. Untuk comeback ini, (G)I-Dle merilis lagu yang dibuat oleh Soyeon, leader sekaligus rapper grup, bersama produser musik Yummy Tone.
Dapat dikatakan, konsep 'Latata' dan 'Hann' benar-benar berbeda. 'Latata' adalah sebuah lagu energik yang berisi ajakan untuk bercinta. Sementara, 'Hann' adalah lagu yang berisi mengenai kekecewaan dan perpisahan. Kali ini, (G)I-Dle tak lagi tampil energik, melainkan lebih sensual dengan konsep kelam.
Berdasarkan keterangan dari laman resmi Naver (G)I-Dle, kata 'Hann' adalah ekspresi yang digunakan oleh Soyeon untuk menggambarkan kondisi seorang diri setelah sebuah hubungan cinta berakhir. Istilah itu bisa digunakan untuk menggambarkan 'Han', kata dalam bahasa Korea yang bisa berarti 'sendiri' ataupun 'dendam'.
ADVERTISEMENT
Konsep tersebut diterjemahkan oleh (G)I-Dle lewat lirik lagu 'Hann', sekaligus video klipnya. Bila dalam 'Latata' grup beranggotakan enam orang ini tampil energik dan nyentrik, kali ini mereka tampil sensual, dengan koreorgafi yang terinspirasi dari gerakan tarian Timur Tengah.
Sementara itu, dari segi musik, baik 'Hann' maupun 'Latata' sebenarnya sama-sama digubah dengan aransemen Moombahton. Namun, kedua lagu ini memiliki kesan yang sangat berbeda. Tak lain karena pilihan nada dan alur musik yang digunakan dalam kedua lagu itu, disesuaikan dengan konsep yang berbeda pula.
Hingga artikel ini ditulis, 'Hann' masih merajai beberapa chart musik Korea Selatan. Misalnya, di chart musik Bugs, Genie, juga Olleh Music. Sekali lagi (G)I-Dle menunjukkan popularitas musik mereka di kalangan para penikmat musik.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, tampaknya, penggemar musik masih harus menunggu untuk melihat apakah 'Hann' dapat menyaingi kesuksesan 'Latata'. Dengan kesuksesan ini, bukan hal yang mustahil bagi grup ini untuk menyabet gelar 'Best Female Rookie' .
Kalau buatmu, lebih menarik 'Latata' atau 'Hann'?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80