kumparan
20 Mar 2019 7:52 WIB

Pendapatan Agensi BTS Naik 132 Persen di Tahun 2018

BTS di Grammy Awards, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Foto: REUTERS/Lucy Nicholson
Agensi BTS, Big Hit Entertainment, meraup keuntungan luar biasa di tahun 2018. Hal ini terlihat dari laporan audit dan performa bisnis mereka di tahun tersebut.
ADVERTISEMENT
Pada Selasa (19/3), agensi yang menaungi BTS dan TXT ini membuat rilis pers mengenai laporan tersebut. Dilansir Soompi, dari dokumen itu, diketahui bahwa pada tahun fiskal 2018, Big Hit meraup pemasukan total sebesar 214,2 miliar won (Rp 2,6 triliun). Kemudian, mereka meraih laba usaha sebesar 64,1 miliar won (Rp 806 miliar) dan keuntungan bersih sebesar 50,2 miliar won (Rp 631 miliar).
Angka ini pun menunjukkan peningkatan signifikan, bila dibandingkan dengan tahun fiskal 2017. Secara total, Big Hit mendapatkan kenaikan pemasukan sebesar 132 persen, kenakan laba usaha sebesar 97 persen, dan kenaikan laba bersih sebesar 105 persen. Ini pun dianggap sebagai performa terbaik Big Hit sepanjang masa.
Grup idola K-Pop, BTS. Foto: Twitter/@bts_bighit
Perolehan yang tinggi ini tak lepas dari jumlah penjualan album BTS di 2018. Pada tahun tersebut, BTS memiliki penjualan yang sangat tinggi, baik dari segi penjualan album, musik, konten, merchandise, hingga publikasi video.
ADVERTISEMENT
Sebagai contoh, album 'Love Yourself: Tear' milik BTS terjual sebanyak 4,05 juta kopi di tahun tersebut. Sementara, album 'Love Yourself: Answer' terjual sebanyak 5,15 juta kopi. Kemudian, grup ini juga menggelar tur konser dunia bertajuk 'Love Yourself', yang dihadiri oleh 810.000 fans dari berbagai belahan dunia.
"Baik seperti yang terlihat secara eksternal maupun dari tingkat keuntungan, ini adalah tahun yang menunjukkan performa tertinggi di berbagai aspek," ujar seorang narasumber dari Big Hit Entertainment.
"Demi membuat inovasi dalam model bisnis industri musik, kami terus mengejar perubahan dan perkembangan di agensi kami, dan kami telah meraih kesuksesaan penting yang mempertemukan (kami) kepada bisnis baru," sambungnya.
Sementara itu, di tahun 2019, Big Hit sudah mulai melakukan ekspansi bisnis mereka. Tak lagi hanya berfokus dengan BTS, agensi yang dikepalai produser Bang Shi Hyuk ini juga baru saja mendebutkan boyband barunya, TXT, ke industri musik Korea Selatan.
Boyband baru Big Hit Entertainment, TXT. Foto: Facebook/@ibighit
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·