kumparan
4 Jul 2018 10:15 WIB

PSY Ungkap Alasan Sempat Tak Ingin Unggah Video Klip 'Gangnam Style'

PSY. (Foto: Wikimedia Commons)
Video klip 'Gangnam Style' milik PSY, saat ini menjadi satu-satunya video K-Pop yang memiliki penonton yang paling banyak di YouTube. Sejak diunggah pada tahun 2012 lalu, video klip ini telah ditonton hingga 3,1 miliar kali.
ADVERTISEMENT
Namun, PSY mengungkapkan bahwa awalnya ia sempat ingin tidak mengunggah video klip tersebut di YouTube. Pernyataan ini diungkapkannya saat tampil dalam acara 'Hidden Singer 5' yang tayang pada Minggu (1/7).
"Jika (lagu) 'Champion' adalah lagu yang berbicara tentang identitasku sebagai PSY, 'Gangnam Style' adalah lagu yang menggambarkan penghargaan atau trofi dalam hidupku," ungkapnhya seperti dilansir Soompi.
Video
Dengan jujur, penyanyi berusia 40 tahun tersebut mengatakan bahwa awalnya ia tidak tahu apa itu YouTube. Ia sempat merasa tidak percaya diri saat seorang perwakilan YG Entertainment, agensi yang menaunginya saat itu menyarankan untuk mengunggah video klip tersebut ke YouTube.
"Saat itu aku menjawab 'aku bahkan tidak memiliki penggemar internasional, jadi mengapa kita harus mengunggahnya?'" lanjutnya.
ADVERTISEMENT
PSY dan pihak YG Entertainment akhirnya sepakat untuk mengunggah video klip tersebut hanya untuk bersenang-senang. Namun, ia tidak menduga hanya dalam waktu sebulan video klip 'Gangnam Style' meraih popularitas yang luar biasa di YouTube.
Video
Penyanyi yang memiliki nama asli Park Jae-sang ini mengungkapkan bahwa ia merasakan popularitasnya yang semakin besar saat di Paris. Saat ia sedang melakukan shooting untuk sebuah program acara, dan tiba-tiba banyak orang yang datang menonton dan mengenalinya.
"Aku benar-benar terkejut," ungkapnya.
Penulis lagu Kim Hyung-suk kemudian mengungkapkan efek dari 'Gangnam Style'. Ia mengatakan dulu sulit sekali untuk bekerja dengan musisi asing, namun setelah PSY populer, dirinya menerima banyak panggilan dari luar negeri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan