Pencarian populer

Review: 'All Night', Eksperimen Konsep Dewasa ala Astro

Boyband K-Pop, Astro. (Foto: Fantagio Music)

Boyband K-Pop besutan Fantagio Music, Astro, baru saja kembali dengan lagu yang berjudul 'All Night'. Lagu ini merupakan title track dari 'All Light', album terbaru Astro yang dirilis pada 16 Januari 2019.

Lagu dan album ini merupakan kabar baik bagi fans Astro, Aroha. Setelah hampir satu tahun hiatus dari aktivitas grup, Astro akhirnya kembali dengan lagu terbaru dan menyapa para fans dengan formasi lengkap yang berjumlah enam orang anggota.

Video

Lagu andalan mereka kali ini, 'All Night', adalah karya yang dibuat oleh produser Kyler Niko dan LDN Noise. Nama ini mungkin sudah tak asing bagi penggemar K-Pop, mengingat duo LDN Noise adalah nama di balik lagu-lagu berbagai penyanyi K-Pop tenar lainnya, seperti Taeyeon dan EXO.

Dalam sekali dengar, jelas terasa bahwa Astro ikut bergabung dalam tren musik Korea Selatan melalui lagu ini. 'All Night' memiliki berbagai unsur yang biasa digunakan dalam lagu-lagu K-Pop belakangan ini, yaitu musik pop dengan elemen EDM (electronic dance music) dan sedikit unsur hip-hop, digabungkan dengan reff yang repetitif.

Lagu yang liriknya ditulis oleh Jo Yun Kyung, juga member Jinjin dan Rocky Astro ini, bercerita soal pria yang menunggu telepon dari perempuan yang dicintainya. Satu-satunya hal yang dinantikan oleh pria ini adalah mendengar suara wanita tersebut. Sehingga, dia berharap wanita itu akan mengabari dan meneleponnya terlebih dahulu sebelum melakukan apa pun.

Boyband K-Pop, Astro. (Foto: Fantagio Music)

Bisa dibilang, lagu 'All Night' cukup berbeda dengan gaya-gaya musik Astro selama ini. Khususnya, bila membandingkan lagu tersebut dengan lagu-lagu pada masa awal debut mereka, yaitu di tahun 2016.

Saat baru mengawali kariernya, grup idola ini sering menggunakan konsep ceria dan boyish, baik dalam gaya musik maupun konsep visual mereka. Misalnya seperti tergambar dalam lagu 'Hide & Seek', 'Breathless', hingga 'Baby'. Lagu-lagu ini memiliki irama yang ceria dan catchy, membuat konsep muda nan segar melekat pada grup berisi Cha Eun Woo, JinJin, MJ, MoonBin, Rocky, dan Sanha tersebut.

Video

Namun, sejak 2017, Astro tampaknya ingin melepas citra boyish tersebut. Pada 2017, Astro merilis lagu yang berjudul 'Always You' dan menunjukkan gaya melankolis sekaligus sedikit lebih dewasa. Ini bisa terlihat dari konsep visual yang mereka gunakan, juga gaya musiknya yang terdengar lebih gelap sekaligus dewasa.

Konsep tersebut kemudian berlanjut hingga lagu terbaru 'All Night'. Astro seolah ingin mantap mengejar kesan mature dan modern.

Boyband K-Pop, Astro. (Foto: Fantagio Music)

Di satu sisi, perubahan ini bisa mengantarkan Astro ke arah karier yang lebih baik. Terutama, bila melihat banyaknya pujian yang dilontarkan kepada grup ini lewat media sosial Twitter. Namun, di sisi lain, lagu ini juga bisa membuat orang-orang yang sudah lama mengikuti musik Astro merindukan citra catchy dan boyish milik mereka.

Selain lagunya, hal yang menarik untuk diperhatikan dari comeback Astro kali ini adalah konsep visual yang digunakan dalam video musik lagu tersebut. Para anggota Astro tampil baju-baju yang mengedepankan kesan sleek, mewah, sekaligus dewasa. Kostum ini mereka gunakan di tengah set video klip yang tampak estetis. Ini menambah kesan bahwa visual dalam video klip ini memang dibuat dengan sungguh-sungguh, terlepas dari kondisi kekacauan internal Fantagio Entertainment yang mencuat sejak tahun lalu.

Kalau kamu, termasuk yang suka lagu 'All Night' atau tidak?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36