kumparan
22 Mar 2019 18:46 WIB

Review: Heize, Sindir Media Gosip Korea dalam Lagu 'Dispatch'

Cuplikan video klip lagu Heize, 'Dispatch'. Foto: YouTube/@Stone Music Entertainment
Solois pencetak lagu hits asal Korea Selatan, Heize, kembali dengan album berjudul ‘She’s Fine’ pada Selasa (19/3). Lewat album ini, Heize menyuguhkan sederet karya baru seperti ‘She’s Fine’ dan ‘So, it ends?’.
ADVERTISEMENT
Selain kedua karya tersebut, lagu lain yang menjadi sorotan para penikmat musik K-Pop dari album kali ini adalah ‘Dispatch’. Lagu ballad yang dinyanyikannya bersama rapper Simon Dominic ini bukan sekadar lagu biasa. Sebab di dalamnya terkandung kritik terhadap pelanggaran privasi dan hubungan percintaan di kalangan para selebriti Korea.
Lirik ‘Dispatch’ bercerita mengenai cinta yang tidak bisa diakui dan dipamerkan. Cinta itu harus disembunyikan. Sebab, jika diketahui, maka pihak yang bersangkutan bisa jadi, memikul beban lebih berat.
Selain itu, lirik lagu ini juga menggambarkan pergolakan batin seorang selebriti. Di satu sisi, ia merasa sedih karena tidak bisa memiliki kenangan indah, karena sibuk menyembunyikan hubungan cintanya. Namun, ia memahami bahwa perpisahan adalah hal yang seolah harus terjadi, karena ia tak bisa dengan mudah mengorbankan apa yang didapatkannya dengan menjalani pekerjaannya sebagai seorang bintang.
ADVERTISEMENT
"Berharap untuk hidup normal itu adalah impian dan keserakahan kita. Hal-hal yang kita dapatkan setelah melepaskannya, lagi-lagi, aku tidak bisa membuangnya dengan mudah.”
Lirik ini seolah sesuai dengan kenyataan hubungan percintaan idola K-Pop. Meski pandangan fans semakin terbuka soal hubungan asmara idola, hal ini masih sering dianggap sebagai topik ‘tabu’ dan bisa menghambat karier idola yang bersangkutan. Hubungan percintaan idola K-Pop juga masih sering dianggap sebagai 'skandal' di antara fans dan terkadang dibongkar secara paksa oleh media gosip.
Menariknya, salah satu media gosip Korea Selatan yang sering membongkar hubungan cinta idola adalah media yang juga bernama Dispatch. Tabloid gosip online ini terkenal sering membongkar hubungan cinta di antara para bintang setiap tahun baru di tanggal 1 Januari.
ADVERTISEMENT
Beberapa idola yang sempat terciduk dalam laporan Dispatch adalah Kai EXO dan Jennie Blackpink, Yoona SNSD dan aktor Lee Seunggi, juga Junsu JYJ dan Hani EXID.
Keberadaan Dispatch dianggap kontroversial di dunia hiburan. Sebab, media ini dipercaya mendapatkan berita mereka dengan membuntuti artis yang bersangkutan. Ini terlihat dari cara mereka mendapatkan foto kencan diam-diam para artis idola.
Efek keberadaan Dispatch diungkapkan pula oleh dalam lagu tersebut. Pada bagian lirik rap 'Dispatch', Simon Dominic menyanyikan soal orang-orang yang harus menggunakan topi dan menyembunyikan identitasnya bila ke luar rumah, agar tak ada yang mengenalinya. Namun, ia merasa bahwa tak ada gunanya menutupi diri seperti itu kalau ia tak bisa melihat kekasihnya.
ADVERTISEMENT
Video
Uniknya, pengertian lirik ini kemudian bisa diterjemahkan cukup luas melalui simbolisme yang ada di video klip ‘Dispatch’. Dalam video pendek itu, Heize seolah membebaskan penonton untuk berpikir siapa sebenarnya tiga serigala munafik yang siap menghancurkan penyanyi idola kapan saja.
Dalam video, ada tiga serigala yang selalu mengikuti seorang penyanyi. Pada awal videonya, terlihat bahwa sang penyanyi, yaitu Heize, melakukan kesalahan dan menggunting kulitnya saat sedang menggunting kuku. Saat itu, tiga serigala yang berada di luar ruangan pun segera ‘mengendus’ kesalahan ini dan berusaha melihat ke dalam jendela ruangan Heize.
Tanpa perlambangan yang membatasi pengertian bahwa ketiga serigala itu hanya berasal dari kalangan media, simbol ini bisa dianggap menggambarkan media maupun orang lain. Yang jelas, mereka adalah pihak yang mengendus kesalahan selebriti dan berusaha membongkar privasinya.
ADVERTISEMENT
Tiga serigala ini selalu mengikuti sang idola dengan niat buruk. Mereka bahkan 'menelanjangi' sang penyanyi di atas panggung. Namun, mereka juga duduk di kursi penonton untuk mendukung si penyanyi setelah mereka mencelakainya.
Hal ini melambangkan kemunafikan dari media maupun orang-orang yang sudah melanggar privasi artis. Mereka seolah mendukung artis itu saat ia menjalankan pekerjaannya, namun siap menghancurkannya saat ia berbuat salah.
Loading Instagram...
Kemudian, para serigala ini juga terlihat melemparkan tomat kepada Heize, saat ia berpelukan dengan seorang pria. Ini menggambarkan para haters maupun media yang siap ‘menghancurkan’ sang penyanyi, saat ia ketahuan memiliki hubungan cinta.
Setelah dirilis, lagu ini banyak dibicarakan oleh para penggemar K-Pop. Meski lagu ini tidak masuk ke dalam sepuluh besar chart musik digital gabungan Korea saat ini, cukup banyak fans internasional yang membicarakan ‘Dispatch’. Terutama, karena liriknya yang dianggap mengkritisi kelakuan media gosip, Dispatch.
ADVERTISEMENT
Sudah mendengarkan lagu ‘Dispatch’ milik Heize?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan