kumparan
14 Jun 2019 20:06 WIB

Review Lagu Debut Somi: Mewah, tapi Kurang Berkesan

Jeon Somi. Foto: Facebook/@OfficialTHEBLACKLABEL
Rookie K-Pop populer, Jeon Somi, akhirnya meneruskan langkahnya di industri hiburan Korea. Setelah lebih dari dua tahun absen merilis karya, penyanyi kelahiran 2001 itu akhirnya meluncurkan single debut berjudul ‘Birthday’ pada Kamis (13/6).
ADVERTISEMENT
Lewat karya ini, Somi memantapkan langkahnya sebagai solois. Mantan center girlband I.O.I itu kini berdiri seorang diri, berusaha memikat penggemar lewat lagu berjudul ‘Outta My Head’ dan ‘Birthday’ yang terdapat dalam single solo perdananya.
Karya pertama dalam single debut Somi, ‘Outta My Head’, adalah lagu berjenis R&B alternatif. Karya ini memiliki gaya musik yang easy listening, diiringi dengan beat drop adiktif pada bagian reff-nya.
Dari segi lirik, lagu ini menceritakan mengenai seseorang yang sedang kasmaran. Wanita ini digambarkan tak bisa mengusir mengusir sosok yang disukainya dari pikirannya.
Menariknya, lirik dan musik lagu ini ditulis sendiri oleh Somi, dengan bantuan produser bernama 24. Tak banyak solois perempuan muda di jalur musik mainstream Korea, yang bisa melakukan debut dengan lagu buatannya sendiri.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, Somi berhasil melakukannya. Perempuan berusia 18 tahun ini pun menunjukkan niatnya untuk mulai mencoba tampil sebagai seorang singer-songwriter.
Video
Setelah ‘Outta My Head’, kita akan dibawa mendengarkan ‘Birthday’. Ini adalah title track single yang ditulis oleh produser utama YG Entertainment, Teddy Park, bersama komponis 24, Bekuh Boom, juga Somi sendiri.
Karya ini memiliki gaya yang cukup berbeda dengan lagu sebelumnya. Bila 'Outta My Head' memiliki gaya yang chill, 'Birthday' cenderung lebih ceria dan playful.
‘Birthday’ adalah lagu mengenai keinginan untuk bertindak sesuka hati. Ekspresi dalam lagu tersebut--everyday is my birthday--sering digunakan dalam berbagai lagu K-Pop belakangan ini. Ungkapan itu digunakan untuk menggambarkan mengenai rasa bahagia sekaligus keinginan untuk selalu bertindak semau hati.
ADVERTISEMENT
Tema ini dikemas dalam musik bergaya gaya hip-hop yang trendi, dengan irama dance-pop yang playful. Dengan video klipnya yang mewah, The Black Label pun menghadirkan sebuah karya debut yang glamor bagi mantan trainee JYP Entertainment tersebut.
Jeon Somi Foto: The Black Label
Secara komposisi, terlihat jelas bahwa ‘Birthday’ memakan bujet yang tidak sedikit. Khususnya, bila menimbang jumlah kostum, set, serta tata artistik yang apik dalam video itu.
Meski demikian, konsep ‘Birthday’ bisa dibilang kurang kuat kuat. Tidak masalah bila Somi atau penyanyi mana pun ingin mengangkat tema bersenang-senang dalam lagu mereka. Akan tetapi, ‘Birthday’ tidak memiliki keunikan khusus yang bisa mendefinisikan arah artistik Somi.
Walau begitu, benar bahwa ini baru awal dalam karier Somi. Masih tersisa begitu banyak waktu baginya untuk lebih mengeksplorasi konsep yang ingin ditampilkannya dalam dunia musik.
ADVERTISEMENT
Ini juga bukan berarti bahwa karya debut Somi gagal menarik perhatian. Sebab, 'Birthday’ berhasil mendarat pada posisi ketiga di chart musik gabungan Korea Selatan. Ini menunjukkan bahwa ada begitu banyak masyarakat Korea Selatan yang secara sukarela mendengarkan musik wanita ini.
Sehingga, ini menggambarkan kalau Somi punya potensi untuk semakin meroket lewat karya-karya selanjutnya. Namun, tentu akan lebih menarik lagi bila Somi bisa memperlihatkan ciri khas yang lebih unik dalam lagu selanjutnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·