kumparan
25 Mei 2018 13:22 WIB

Round Up: Satu Dekade Karier Bersinar SHINee

10 tahun anniversary SHINee. (Foto: SM Entertainment)
25 Mei menjadi hari paling spesial bagi boyband SM Entertainment, SHINee. Tak lain karena pada tanggal ini, tepat sepuluh tahun lalu, lima anggotanya saat itu melangsungkan debut mereka sebagai grup idola K-Pop.
ADVERTISEMENT
Tentu bagi para fans, bisa menyaksikan perjalanan karier Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin menjadi sangat spesial dan mungkin emosional. Debut saat anggotanya masih berada di usia remaja, kini SHINee tercatat sebagai salah satu grup papan atas yang tak hanya populer, namun juga solid dan punya ciri khas kuat yang sudah mereka bangun selama satu dekade.
Lalu, apa saja prestasi yang sudah diraih SHINee sepanjang 10 tahun berkarier di industri hiburan Korea Selatan? Berikut rangkumannya.
1. Grand Slam Rookies Awards
SHINee diawal debut. (Foto: SM Entertainment)
Debut saat anggotanya berusia 14 - 18 tahun, membuat SHINee begitu segar saat debut di tengah banyaknya boyband yang membangun image maskulin dan bergaya hip hop. Tampilan boyish, dan lagu yang seolah merayu para fans noona (wanita yang berusia lebih tua), membuat banyak penggemar K-Pop jatuh hati pada kelima pria dari SM Entertainment ini.
ADVERTISEMENT
Tak heran jika kemudian SHINee dikenal banyak penggemar K-Pop karena lagu debutnya yang catchy, juga konsep grup yang sederhana namun disukai.
Video
Lagu debut 'Noona Neomu Yepeo (Replay)' menjadi favorit banyak fans K-Pop. Sederet penghargaan ditahun 2008 dalam kategori ' Best New Comer', 'Rookie of the Month', hingga 'Best New Male Artist' pun disapu bersih SHINee. Gelar grup penyabet 'Grand Slam - New Comer' pun melekat hampir delapan tahun lamanya.
Kemenangan pertama SHINee diraih empat bulan setelah mereka debut. Lewat lagu 'Love Like Oxygen', SHINee memulai langkah mereka sebagai 'Rookie Monster' dan kini menjadi salah satu boyband top Korea.
2. Sukses menembus pasar musik Jepang
Debut SHINee di Jepang. (Foto: SM Entertainment)
Bukan hal mudah bagi para idola K-Pop yang ingin menembus pasar musik Jepang. Namun SHINee membuktikan, dengan konsep grup yang unik dan terus bereksperimen dengan genre musik, membuat mereka mudah diterima oleh penggemar K-Pop di Jepang.
ADVERTISEMENT
SHINee melangsungkan debutnya di Jepang pada 2011 lewat album 'Replay' dalam versi Jepang. Album debut ini sukses terjual hingga 91.000 keping di minggu pertama penjualan. Dilansir oricon.co.jp, album 'Replay' versi Jepang ini kemudian mendapat piagam Gold dari RIAJ setelah terjual 100.000 keping dan tercatat sebagai album debut dengan penjualan tertinggi oleh grup K-Pop kala itu.
Tak hanya itu, dilansir Allkpop, SHINee juga memecahkan rekor dalam chart Oricon sebagai artis luar Jepang yang merilis tiga single berturut-turut dan ketiganya masuk dalam tiga teratas chart.
Video
"Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah 44 tahun Oricon, artis asing (termasuk solo) merilis tiga single yang berbeda, dan semuanya memiliki peringkat dalam TOP 3," tulis Oricon seperti dikutip dari Allkpop.
ADVERTISEMENT
Kesuksesan SHINee menembus pasar Jepang masih berlangsung hingga saat ini. Tiket konser SHINee di Jepang selalu habis terjual dalam waktu singkat. Begitu juga dengan beragam merchandise resmi yang berbau SHINee.
3. Grup dengan ciri khas yang kuat
SHINee. (Foto: SM Entertainment)
Konsisten menampilkan konsep grup yang unik dan berbeda terus diperlihatkan SHINee. Selain menjadi salah satu grup dengan vokal dan koreografi terbaik, SHINee juga tetap menjaga popularitas mereka dengan album-album yang unik dan berbeda.
Media Amerika, Billboard membuktikan SHINee punya keunikan disetiap lagu yang mereka rilis.
"Kami membandingkan lagu milik SHINee, 'Punch, Drunk, Love' dan 'Aside' seperti suara Michael Jackson dan Lionel Richie, sementara lagu berjudul 'Beautiful' dan 'Runaway' menggabungkan hasil produksi elemen musik bernuansa elektronik yang unik dalam harmonisasi musik manis ala boyband," tulis Billboard.
ADVERTISEMENT
Hal senada juga ditulis oleh dazedigital.com yang menggambarkan keunikan SHINee sebagai grup yang punya 'visual penuh warna', 'koreografi yang terkoordinasi seperti balet' dan 'lagu hit yang penuh petualangan'.
"SHINee adalah grup yang bisa mewujudkan semua harmoni ini dengan kualitas jauh lebih baik dari siapapun," tulis dazeddigital.com.
Tak ketinggalan nytimes.com yang menuliskan SHINee sebagai (musisi K-Pop) yang paling ambisius, dengan aksi panggung dan vokal yang kuat.
"Musik mereka, terutama 'Replay', 'Ring Ding Dong' dan 'Juliette', adalah genre paling berisiko, bahkan jika hanya memberikan sedikit 'twist' dalam formula Pop Polyglot," tulis Jon Caramanica.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·