kumparan
8 Apr 2018 10:25 WIB

Yuk, Kenalan dengan 5 Band Rock Asal Korea Selatan

Band rock Korea. (Foto: Berbagai sumber.)
Industri musik Korea Selatan tidak melulu dipenuhi oleh idola-idola K-Pop. Mereka juga memiliki grup band dengan berbagai genre termasuk rock. Meski tidak banyak fans musik Korea yang mengenal band-band beraliran musik K-Rock, namun beberapa grup band ini mampu bersaing dengan musik K-Pop dan memiliki penggemar dari kalangan tertentu.
ADVERTISEMENT
Tak ingin mengikuti trend yang sedang berkembang, mereka mampu bertahan dengan menghasilkan musik yang sesuai dengan ciri khas dan identitas band mereka. Berikut ini tim kumparanK-Pop (kumparan.com) telah merangkum lima band K-Rock yang wajib kamu ketahui.
1. 24Hours
Video
Band yang beranggotakan Beautiful Jin, Hyemi, Hyukjae, dan Eunhong ini mengusung genre musik alternative rock. Band ini sudah ada sejak 2011 tetapi baru resmi debut pada 2012 lalu dengan merilis album 'Blackhole'.
Musik yang mereka hasilkan terinspirasi dari musisi luar Korea seperti Arctic Monkeys, Oasis, Miles Kane, Kasabian, The Kooks dan The Beatles. Grup ini menjadi salah satu band yang paling sering diundang dalam festival musik kampus di Korea Selatan.
2. Drug Restaurant
ADVERTISEMENT
Video
Sebelum resmi menggunakan nama 'Drug Restaurant', band ini dikenal sebagai Jung Joon Young Band (JJY Band). Pasalnya band ini dibentuk oleh sang vokalis Jung Joon-young. JJY berubah nama pada 2016 karena mereka ingin dikenal sebagai sebuah band daripada hanya berfokus kepada sang vokalis sebagai center dalam band ini.
Selain Jung Joon-young, band ini juga beranggotakan Dammit, Seok Won, dan Drok. Q. Dengan mengusung genre musik alternative rock, hard rock dan garage rock, band ini merilis album 'Escape to Hangover' pada 2015 lalu.
3. Nell
Video
Grup ini dikontrak oleh penyanyi senior Korea Selatan, Seo Tai-ji, setelah melihat penampilan panggung mereka di kelab malam di daerah Hongdae, Seoul. Mereka menjadi band pertama yang bergabung dibawah agensi Goesoo Indigene pada 2002. Namun pada 2006 mereka pindah agensi ke Woollim Entertainment.
ADVERTISEMENT
Musik yang dihasilkan Nell terinspirasi dari band asal Inggris seperti Muse dan Radiohead. Grup yang beranggotakan ini Kim Jong-wan, Lee Jae-kyong, Lee Jung-hoon, dan Jung Jae-won mengusung genre musik indie rock dan modern rock.
4. The Rose
Video
The Rose merupakan salah satu band rock yang saat ini tengah banyak diperbincangkan para penggemar K-Pop. Dengan mengusung genre musik british rock, musik yang mereka hasilkan mampu memikat para penggemar musik pop.
Pada tahun 2017 Billboard memilih lagu mereka yang berjudul 'Sorry' sebagai salah satu lagu pop-rock terbaik. Meskipun terbilang baru dalam industri musik Korea Selatan, namun video klip lagu ini berhasil meraih penonton hingga 3 juta di akun YouTube. Band yang beranggotakan Woosung, Dojoon, Hajoon, dan Jaehyeong ini juga telah sukses menggelar tur konser Eropa mereka.
ADVERTISEMENT
5. No Brain
Video
Bagi para pecinta musik punk-rock, tentu akan menyukai band yang satu ini. Band ini mendapat julukan sebagai Godfather versi Korea Selatan karena musik dan gaya panggung mereka sangat mirip.
Band ini awalnya merupakan band beraliran heavy punk-rock underground yang dikenal dengan nama Chosun Punk. Dengan beranggotakan Bulldaegal, VOVO, BBogle, dan Hyoonga grup ini pernah berpartisipasi dalam proyek 'Tribute to Nirvana' bersama band dunia dengan genre musik yang sama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan