• 2

Yuk, Kenalan dengan 9 Penyanyi Solo Wanita Korea

Yuk, Kenalan dengan 9 Penyanyi Solo Wanita Korea


Solois wanita asal Korea Selatan

Solois wanita asal Korea Selatan (Foto: Wikipedia)
Saat mendengar kata K-Pop, kita biasanya akan langsung teringat pada boyband dan girlband. Namun, sebenarnya industri musik Korea Selatan juga memiliki banyak penyanyi solois wanita yang lagu-lagunya juga tak kalah populer dengan lagu-lagu grup K-Pop.
Meskipun sejak debut tampil sebagai solois, para penyanyi ini menunjukkan bahwa mereka mampu berdiri sendiri dan membuat namanya populer. Tidak hanya memiliki paras cantik dan suara yang merdu, beberapa dari mereka bahkan dikenal sebagai legenda musik Korea dan sebagai musisi dengan lagu-lagu yang memikat pendengar musik dari berbagai usia.
Berikut ini tim kumparan (kumparan.com) telah merangkum 9 solois wanita yang karyanya wajib kamu ketahui.
1. IU
IU debut saat usianya menginjak 15 tahun. Setelah hampir 10 tahun berkarier di dunia hiburan Korea Selatan, ia sukses mencatatkan namanya sebagai salah satu solois yang paling berpengaruh dalam dunia K-Pop.
Baru-baru ini, ia berhasil meraih penghargaan tertinggi (daesang) dalam acara 'Golden Disc Awards 2018'. Ia memecahkan rekor sebagai solois wanita pertama yang meraih penghargaan tersebut selama 10 tahun terakhir. Sebelumnya, penghargaan ini didominasi oleh grup atau solois pria.
2. Ailee
Ailee adalah seorang penyanyi berdarah Korea-Amerika yang memulai karier sebagai seorang YouTuber, sebelum akhirnya debut di industri K-Pop pada 2012 lalu.
Ia sering menyumbangkan suara emasnya untuk soundtrack drama populer di Korea, salah satunya 'Goblin'. Ia menyanyikan lagu yang berjudul 'I Will Go to You like the First Snow' untuk drama itu.
Lewat lagu tersebut, penyanyi berusia 28 tahun ini berhasil mendapatkan penghargaan 'Best Original Soundtrack' dalam beberapa acara penghargaan musik bergengsi di Korea Selatan.
Berkat suara emasnya itu, ia juga mendapat penghargaan 'Best Vocal Performance - Female' dalam acara penghargaan 'Mnet Asian Music Awards' selama lima tahun berturut-turut.
Dengan suaranya yang powerful, gelar Beyonce Korea pun melekat padanya.
3. Lee Hi
Meskipun masih berusia 21 tahun, penyanyi yang memiliki nama asli Lee Ha-yi ini berhasil mencuri perhatian para penikmat musik lewat karya-karyanya.
Bahkan, media asing seperti Billboard menjuluki dirinya sebagai 'Adele Korea' saat dirinya baru debut pada 2012 lalu.
Ia juga dijuluki sebagai penyanyi yang soulful karena emosi lagu yang dinyanyikannya selalu bisa dirasakan oleh para pendengarnya.
4. Gummy
Solois berusia 36 tahun ini merupakan salah satu solois senior di dunia K-Pop. Ia memulai kariernya sebagai penyanyi pada tahun 2003.
Sejak debut, ia banyak menerima tawaran sebagai pengisi soundtrack dalam drama populer di Korea Selatan.
Salah satunya, soundtrack drama ‘Desecendants of the Sun’. Penyanyi yang memiliki nama asli Park Ji-yeon ini membawakan lagu yang berjudul ‘You Are My Everything’ untuk drama itu.
Lewat lagu ini, ia berhasil meraih empat penghargaan soundtrack drama terbaik di tahun 2016.
Tak heran jika kemudian warga Korea menyebutnya sebagai ratu soundtrack drama.
5. Suran
Solois berusia 29 tahun ini dijuluki sebagai ratu R&B Korea Selatan. Dengan jenis suaranya yang khas, ia sering mendapat tawaran untuk berkolaborasi dengan musisi Korea Selatan lainnya.
Ia berhasil meraih penghargaan 'Best R&B/Soul' di ajang penghargaan '9th Melon Music Awards' dan '32nd Golden Disc Awards'.
6. Heize
Sebelum debut sebagai penyanyi, solois berusia 26 tahun ini memulai kariernya sebagai seorang rapper.
Kualitasnya sebagai solois wanita diakui setelah lagunya yang berjudul 'You, Rain, Clouds' berhasil menduduki peringkat pertama di semua chart musik Korea Selatan saat baru dirilis.
Lewat lagu ini, wanita yang memiliki nama asli Jang Da-hye ini berhasil menyabet sejumlah penghargaan di acara musik Korea Selatan.
7. Younha
Artis cantik ini dinilai sebagai figur yang bertalenta dan bisa meraih prestasi gemilang di dunia industri K-Pop dan J-Pop (Jepang). Solois yang lahir pada tahun 1988 ini dikenal sebagai penyanyi wanita elit di Korea dan juga sebagai penyanyi terkenal di Jepang. Ia sering mengisi berbagai soundtrack anime populer di Jepang.
Sejak memulai karier saat masih berusia 16 tahun, Younha sudah merilis 8 single dan 2 buah album yang terbilang sangat sukses. Kemampuan bermusiknya ini diturunkan lewat garis darah keluarga yang sangat mencintai musik. Ia bahkan sudah bermain piano sejak berusia 5 tahun. Wajar saja apabila talentanya berkembang dengan sangat baik.
8. BoA
Solois ini dijuluki sebagai diva Korea Selatan. BoA punya talenta menyanyi, kecantikan, popularitas, hingga dedikasinya di dunia musik yang membawanya pada kesuksesan di Jepang, Cina, dan Amerika Serikat.
Hingga saat ini, ia masih memegang rekor sebagai satu-satunya artis asing yang berhasil menjual album hingga lebih dari satu juta kopi di Jepang.
Berbekal 17 tahun pengalaman di industri musik, ia juga pernah diminta untuk menjadi juri di ajang pencarian bakat di Korea Selatan, yaitu dalam acara 'K-Pop Star'.
9. Jessi
Sebelum memulai debutnya sebagai penyanyi, Jessi memulai kariernya sebagai seorang rapper wanita di Korea Selatan. Ia bergabung dengan sebuah grup hip-hop bernama Lucky J pada 2006 lalu.
Tak hanya itu, ia juga sering tampil berkolaborasi dengan musisi-musisi pria dari dunia K-Pop. Jessi dikenal sebagai musisi wanita yang berani menyajikan musik-musik hip hop dengan gayanya yang berani.
Selain itu, penampilan Jessi di acara survival 'Unpretty Rapstar' di tahun 2014 berhasil merebut perhatian banyak orang.

K-PopKpop StarIdola Korea SelatanListicle K-Pop

presentation
500

Baca Lainnya