kumparan
20 Apr 2019 16:28 WIB

10 Jenis Protein Nabati yang Bisa Jadi Pilihan untuk MPASI 4 Bintang

Ilustrasi tahu dan tempe Foto: dok.shutterstock
Salah satu unsur zat gizi yang penting dalam menu MPASI 4 bintang adalah protein nabati. Ya, protein nabati diperlukan untuk tumbuh kembang bayi, salah satunya membantu pembentukan tulang, otot, dan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk memperoleh manfaat dari protein nabati, Anda bisa mengolah beberapa jenis makanan di bawah ini sesuai dengan menu favorit si kecil. Prinsipnya semua makanan ini boleh dimakan oleh bayi. Hanya saja sesuaikan tekstur, porsi dan frekuensinya sesuai usia si kecil, Moms.
Tempe
potong-potong tempe agar lebih mudah diulek Foto: shutterstock
Berbahan baku kedelai yang difermentasi, tempe sangat kaya akan protein. Dari 4 potongan tempe setidaknya terdapat 10 gram protein. Tempe juga merupakan sumber serat, kalsium dan zat besi, Moms.
Tahu
Tahu sutra Foto: Shutter Stock
Hampir sama dengan tempe, tahu juga berasal dari kacang kedelai yang difermentasi. Bedanya tahu hanya diambil sarinya yang kemudian dicetak. Dari sekitar 120 gram tahu, terdapat sekitar 10 gram protein. Selain mudah diperoleh, tahu juga mudah diolah ke dalam makanan dan bisa dikonsumsi sebagai makanan selingan oleh si kecil.
ADVERTISEMENT
Kacang Merah
Kacang merah. Foto: PIxabay
Selain mengandung protein nabati, kacang merah juga mengandung zat besi yang tinggi, sehingga bisa mencegah anemia defisiensi besi pada bayi.
Kacang Hijau
Ilustrasi kacang hijau. Foto: Dok. Wikipedia
100 gram kacang hijau mengandung 116 kilo kalori dan 7 gram protein. kacang hijau sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh karena kaya akan serat. Ada dua macam serat yang terkandung dalam kacang hijau, yaitu serat larut yang dapat mengurangi masalah sembelit dan tidak larut yang berguna menjaga kadar gula darah.
Kacang Tanah
Ilustrasi kacang tanah Foto: Pixabay
Kacang tanah merupakan sumber protein yang memiliki kualitas asam amino yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi.
Edamame
Ilustrasi edamame Foto: Pixabay
Setiap edamame yang direbus mengandung 11, 4 gram protein, ,6 gram lipid, 7,4 gram karbohidrat, 1,9 gram serat, 70 mg kalsium, dan 140 mg fosfor. Ya. selain tinggi protein, edamame juga tinggi kalsium sehingga bisa menjaga kesehatan tulang bayi. Nah Moms, agar si kecil tak bosan, Anda juga bisa mengolah edamame dengan menumisnya bersama sayuran favoritnya Moms.
ADVERTISEMENT
Almond
Bila ingin ASI perah Anda melimpah, coba konsumsi kacang almond Foto: Shutterstock
Setiap satu ons kacang almond panggang tanpa garam mengandung 5,5 gram karbohidrat, 3,3 gram serat pangan, 8 persen kalsium, 7 persen zat besi, dan 6,5 gram protein. Selain itu, almond juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang bagus untuk kesehatan rambut dan kulit bayi.
Alpukat
Ilustrasi alpukat Foto: Pixabay
Setengah buah alpukat segar ukuran sedang mengandung 77 persen lemak, 19 persen karbohidrat, dan 4 persen protein atau setara dengan 2 gram. Selain itu, alpukat juga mengandung mangan yang terlibat dalam fungsi otak dan syaraf.
Kacang Panjang
Ilustrasi kacang panjang. Foto: Shutterstock
Setiap 100 gram kacang panjang mengandung 2,8 gram protein, Moms. Anda bisa menumis kacang panjang sebagai sayuran untuk menu MPASI si kecil. Selain itu, kacang panjang juga mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan oleh bayi.
ADVERTISEMENT
Buncis
Buncis memiliki karakteristik seperti buah. Foto: Pixabay
Setiap 100 gram buncis mengandung 1,8 gram protein nabati. Buncis juga mengandung vitamin C yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi, dan vitamin A yang bisa memelihara kesehatan mata si kecil.
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Masih ada artikel-artikel tentang MPASI 4 Bintang lainnya yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan