kumparan
1 Mar 2019 14:36 WIB

125 Nama Bayi Perempuan Islami Beserta Artinya (2)

Nama bayi perempuan Islami beserta artinya (2) Foto: Shutterstock
Memberi nama bayi tentu tidak bisa sembarangan. Utamanya bila Anda seorang Muslim yang percaya bahwa kelak di hari akhir, semua manusia akan dipanggil dengan nama mereka masing-masing. Itulah sebabnya, saat memilih nama bayi mereka akan memilih nama yang penuh makna bahkan doa, indah dan enak didengar.
ADVERTISEMENT
Apalagi, bila yang akan diberi nama adalah bayi perempuan. Umat Muslim di seluruh dunia, memiliki banyak sekali nama bayi perempuan yang indah. Meski ada perbedaan budaya di setiap negara, apa yang diimani tetap sama.
Nah Moms, bila Anda tengah mencari nama bayi perempuan yang Islami, tidak usah bingung lagi. Berikut, kumparanMOM memilihkan 125 nama bayi perempuan yang indah beserta artinya untuk Anda.
Setelah 50 nama yang diawali huruf A hingga J di artikel pertama, pada artikel kedua ini, kami rangkum 52 nama yang diawali huruf K sampai dengan S.
51. Kalila:
Jika Anda suka nama yang diakhiri dengan suara 'a' atau 'ah', Anda pasti suka nama Kalila atau Kaleelah. Dalam bahasa Arab, nama ini berarti 'kekasih'.
ADVERTISEMENT
52. Karimah:
Karimah atau Kareema, adalah bentuk feminin dari nama Kareem, yang berarti 'murah hati'. Kareem merupakan salah satu dari 99 nama Allah.
53. Khadijah:
Khadijah terkenal sebagai nama istri pertama dan yang sangat dikasihi Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya istri Nabi, Khadijah juga dikenal sebagai sosok bijaksana, seorang pengusaha besar dan sukses yang memiliki pemikiran tinggi dan pandangan jauh ke depan, sekaligus wanita yang lembut dan dermawan.
Nama Khadijah berarti 'dapat dipercaya'.
54. Laila:
Nama cantik dari bahasa Arab ini artinya 'malam'.
55. Lakia:
Lakia berarti 'harta yang sangat berharga' dalam bahasa Arab. Cocok untuk jadi nama si kecil yang sangat berharga bagi Anda kan, Moms?
Ilustrasi Bayi Baru Lahir Foto: Pexels
56. Lina:
ADVERTISEMENT
Nama ini lazim digunakan untuk nama anak perempuan di Indonesia. Namun sebenarnya, nama ini juga dikenal dalam khasanah nama bayi perempuan pada beberapa masyarakat Muslim. Nama Lina, berarti 'lembut'.
57. Lulu:
Nama Lulu terdengar manis, modern dan penuh semangat. Tapi tahukah Anda, nama Lulu berasal dari kata Arab, yang berarti 'mutiara'.
58. Maha:
Maha berarti 'permata langka' atau 'mata air dengan air jernih'.
59. Mahala:
Siapa bilang perempuan adalah mahluk yang lemah? Bila Anda setuju dengan pernyataan ini, coba beri bayi Anda nama Mahala yang berarti 'kuat'.
60. Malala:
Malala berarti 'kesedihan atau sedih'. Tapi jangan salah, Moms. Ada beberapa perempuan Muslim terkenal bernama Malala, lho! Sebut saja di antaranya yang berasal dari Malalai, nama pejuang kemerdekaan Afghanistan abad ke-19. Tokoh terkenal lainnya adalah pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, Malala Yousefzai.
ADVERTISEMENT
61. Maleeka:
Jika Anda ingin putri Anda menguasai dunia, maka nama Maleeka atau Malika yang berarti 'ratu'.
62. Mariam:
Mariam, Maria, Maryam atau Mary. Variasi ejaan nama ini memang cukup banyak. Dalam bahasa Arab, Mariam berarti 'pahit'.
63.Maysa:
Maysa berarti 'melangkah dengan gaya berjalan yang bangga dan berayun'.
64. Na'imah:
Nama yang indah dan bermakna, Na'imah berarti 'ketenangan atau kedamaian'.
65. Nabila:
Nabila adalah nama bayi perempuan yang berarti 'mulia'.
66. Nadia:
Dalam bahasa Arab, Nadia berarti ‘penyiar’. Nama Islami ini juga ditemui di bahasa Rusia, meskipun artinya berbeda.
67. Naia:
Naia atau Naya artinya 'kenyamanan dan kedamaian'. Nama memikat ini menandakan dua hal penting yang semua orang ingin anak perempuan mereka miliki dalam hidup.
ADVERTISEMENT
68. Nailah:
Nama yang unik ini bisa dieja dalam beberapa cara, termasuk Naila, Nylah dan Nila. Semua berarti 'juara'. Nama ini juga diketahui dipakai oleh beberapa putri Mesir kuno.
69. Nashita:
Nashita berarti 'penuh kehidupan'.
70. Najwa:
Nama yang menarik ini memiliki beberapa arti seperti 'rahasia', 'bisikan', dan 'bersemangat'. Anda juga mungkin akan ingat dengan Najwa Shihab, sosok jurnalis perempuan yang terkenal di Indonesia.
Nama bayi perempuan Islami beserta artinya (3) Foto: Shutterstock
71. Nazia:
Nama ini dikenal dari bahasa Arab, Pakistan, maupun India. Nazia berarti 'seorang wanita yang bisa dibanggakan'.
72. Nimaah:
Nimaah berarti 'berkah' dalam bahasa Arab. Nama ini terdengar puitis saat diucapkan, Moms. Mungkin pas untuk nama bayi Anda.
73. Nisa:
Nisa berarti 'wanita'.
ADVERTISEMENT
74. Noushin:
Anak-anak perempuan adalah ciptaan Tuhan yang paling manis. Setuju kah, Anda? Bila ya, beri bayi perempuan Anda nama Noushin yang artinya 'manis'.
75. Nura:
Nura adalah nama akan banyak keindahan. Ini adalah versi lain dari nama Noor atau Nur yang berarti 'penuh cahaya'.
76. Omaira:
Omaira berarti 'merah'. Omaira langka, namun cantik, seperti gadis kecil yang memberkati keluarga Anda.Banyak yang menyingkat nama ini menjadi Maira atau Mayra saja.
77. Qadira:
Nama yang satu ini artinya 'kuat dan mampu'.
78. Rabia:
Biarkan bayi perempuan Anda yang baru lahir tumbuh menjadi gadis yang riang dan ceria dengan menamakannya Rabia, yang berarti 'angin sepoi-sepoi' atau 'semilir angin'.
79. Radwa:
ADVERTISEMENT
Nama ini merujuk ke lokasi gunung di Madinah. Gunung Radwa terkenal akan ketinggian dan keindahannya.
80. Rahma:
Beri si kecil nama Rahma bila ingin kelak ia memiliki belas kasihan dan kebaikan di hati. Nama Rahma, artinya 'belas kasih'.
Ilustrasi kaki bayi baru lahir Foto: Pexels
82. Rajeeyah:
Hidup penuh dengan harapan. Jadi, kenapa tidak memberi bayi perempuan Anda nama Rajeeyah, yang berarti 'penuh harapan'.
83. Rayah:
Seiring berjalannya waktu, putri kecil Anda akan menjadi lebih dari seorang teman bagi Anda. Rayah berarti 'seorang teman' dalam bahasa Arab.
84. Rida:
Dalam bahasa Arab, Rida dapat digunakan untuk nama anak laki-laki dan perempuan. Meski begitu, nama ini lebih banyak disukai untuk anak perempuan. Rida berarti 'takut akan Tuhan'.
ADVERTISEMENT
85. Rihana:
Ya Moms, nama salah satu penyanyi paling terkenal di dunia itu ternyata dari bahasa Arab! Anda bahkan bisa mengejanya sebagai Rihanna atau Riana. Nama ini berarti 'kemangi manis'.
86. Shadaqah:
Shadaqah, yang berarti 'amal'. Tentu saja dalam bahasa Indonesia kita lebih sering mengenal kata 'sedekah' ya, Moms. Tapi mengejanya menjadi Shadaqah membuat kata ini menjadi nama yang manis untuk si kecil.
87.Sadiya:
Sadiya berarti 'keberuntungan'. Bentuk ejaan lainnya adalah Saida dari kata Said yang artinya 'beruntung'
88. Sahara:
Nama feminin yang cantik ini artinya 'padang pasir'. Anda juga bisa mengejanya menjadi. Zahara.
89.Salena:
Salena berarti 'bulan' dalam bahasa Arab dan merupakan nama yang indah untuk bayi perempuan.
ADVERTISEMENT
90.Salimah:
Diartikan sebagai 'aman dan tanpa cacat'. Salimah berarti segala yang Anda inginkan untuk putri Anda. Nama ini juga sering diartikan 'damai' atau 'malam yang tenang'.
bayi perempuan muslim Foto: Shutterstock
91. Samira:
Nama asal Arab yang indah ini, sekarang semakin dikenal secara global. Ini antara lain karena Samira Wiley, seorang aktris dan model Amerika yang mencuat namanya sejak bermain sebagai Poussey Washington dalam seri Netflix Orange Is the New Black.
92. Sana:
Sana, artinya 'puncak gunung atau cemerlang'.
93. Sarah:
Nama klasik ini sudah ditemui di banyak kelompok masyarakat kuno di berbagai belahan dunia, namun tetap disukai hingga masa kini. Sarah berarti 'putri'.
94. Shadan:
Nama cantik asal Persia ini dapat digunakan untuk anak laki-laki maupun perempuan. Nama Shadan memiliki makna yang ringan dan indah yaitu 'ceria'.
ADVERTISEMENT
95. Shaden:
Nama puitis dan menawan ini menunjukkan rahmat dan kekuatan dengan cara terbaik. Shaden berarti 'bayi rusa yang hidup sendiri di alam liar'.
96. Shaheen:
Burung liar, terutama elang, diberi status signifikan dalam budaya Muslim. Jadi mengapa tidak memilih nama yang terinspirasi oleh hal yang sama? Shaheen berarti 'elang'.
97. Shakira:
Ingat penyanyi Kolombia terkenal yang menyandang nama ini? Shakira ‘wanita yang lemah gemulai’. Tapi ada juga yang mengartikannya 'wanita yang diberi rahmat'.
98. Shameena:
Shameena, adalah makna nama tradisional yang unik. Artinya 'cantik' dalam bahasa Arab.
99. Siddiqah:
Siddiqah adalah bentuk feminin dari nama bayi laki-laki Siddiq yang berarti 'seseorang yang menjaga kata-katanya' dalam bahasa Arab.
100. Soheila:
ADVERTISEMENT
Anak-anak kita adalah bintang kehidupan kita. Jadi mengapa tidak menamainya Soheila, yang berarti 'bintang' dalam bahasa Arab.
101. Sufia:
Sufia, Safia atau Syafeea adalah versi Islami yang elegan dari nama Yunani, Sophia atau Sofia. Nama ini berarti ‘kebijaksanaan’.
102. Sumayah:
Bayi Anda adalah sukacita dan kebanggaan Anda. Sumayah berarti 'kebanggaan' dalam bahasa Arab.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan