kumparan
27 Jun 2018 10:33 WIB

3 Gerakan Senam Ringan yang Bisa dilakukan Ibu Hamil Sendiri

Olahraga saat hamil (Foto: Thinkstock)
Selama menjalani masa kehamilan, ibu hamil biasanya ragu untuk berolahraga. Hal ini antara lain dikarenakan ibu khawatir bayi yang di dalam kandungan terluka. Padahal sebenarnya, apabila dilakukan dengan benar, justru olahraga saat hamil bisa memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan ibu dan bayinya.
ADVERTISEMENT
Agar Anda tak ragu, konsultasikan terlebih dahulu keinginan Anda untuk berolahraga dengan dokter kandungan, Moms. Apabila dokter menyetujuinya, coba lakukan gerakan senam ringan berikut. Anda bisa melakukannya di rumah ataupun di kantor Anda.
1. Langkah di tempat
Coba lakukan gerakan langkah di tempat selama 15-20 menit. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan punggung tengah dan bahu belakang Anda, Moms.
Cara Melakukannya:
- Pegang dumbel yang memilii berat sekitar 1-1,15 kilogram. Telapak tangan menghadap ke dalam. Kontraksikan otot perut, dada terangkat, bahu relaks. Kemudian langkahkan kaki, tumit kaki belakang dan seimbangkan tubuh Anda.
- Tekuk kedua lutut sampai lutut kaki depan membentuk sudut 45 derajat, lutut kaki belakang usahakan menyentuh lantai. Lalu, ulangi dengan berganti kaki.
ADVERTISEMENT
2. Membungkuk
Olahraga saat hamil (Foto: Thinkstock)
Sama dengan manfaat gerakan langkah di tempat, membungkuk juga bisa menguatkan otot punggung tengah dan bahu belakang Anda.
Cara Melakukannya:
- Duduk di pinggir kursi, tekuk kedua lutut, lalu pegang dumber dengan relaks. Setelah itu bungkukkan tubuh Anda ke depan sampai dada mendekati lutut, Moms. Usahakan kepala dan leher segaris dengan tulung punggung.
- Angkat kedua lengan dan ke atas sampai setinggi bahu. Lalu, turunkan lagi ke posisi awal dan ulangi.
3. Mengangkat Kepala
Mengangkat kepala bermanfaat untuk menguatkan otot perut Anda, Moms.
Cara Melakukannya:
- Tidurlah secara telentang, dan tekuklah kedua lutut Anda. Letakkan kedua tangan di belakang kepala. Kontraksikan otot perut, sementara otot bokong relaks dan pinggang tetap menempel di lantai.
ADVERTISEMENT
- Angkat kepala, leher dan bahu dari lantai. Putar bahu kanan ke arah lutut kiri, biarkan pinggul tetap di lantai. Lalu ulangi ke arah sebaliknya, Moms
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan