• 0

4 Manfaat Menulis untuk Anak

4 Manfaat Menulis untuk Anak


Ilustrasi anak menulis.

Ilustrasi anak menulis. (Foto: Thinkstock)
Secara umum, menulis punya banyak sekali manfaat. Di antaranya, sebagai media penyalur emosi, bentuk ekspresi diri, belajar beropini, dan masih banyak lagi.
Tak terkecuali untuk anak-anak, Moms. Selain bisa melatih agar tulisan tangannya rapi, berikut beberapa manfaat lain yang bisa anak dapatkan jika suka menulis:
1. Melepas Stres
Ada anak yang melampiaskan rasa stresnya dengan bernyanyi maupun melukis. Tapi ada juga anak yang melampiaskan rasa sedih dan stres dengan menulis di buku harian.
Tidak setiap anak mampu mengungkapkan masalahnya dengan baik. Dengan menulis, ia bisa mencurahkan isi hatinya. Hal tersebut akan membuat perasaannya menjadi lebih lega.
2. Membantu Memulihkan Kenangan
Mungkin Anda akan terkejut melihat bagaimana menulis bisa mengembalikan ingatan lama yang mungkin sudah terlupakan.
Diktuip dari laman Skills You Need, saat anak beranjak dewasa, mereka mungkin akan lupa dengan kenangan-kenangan yang pernah mereka alami saat masih kecil.
Biasakan anak menulis kesehariannya, Moms. Sehingga kelak ia besar, anak dapat kembali mengingat momen-momen seru dari masa kecilnya, saat membuka kembali catatan lamanya.
3. Berlatih Memecahkan Masalah

Ilustrasi anak menulis.

Ilustrasi anak menulis. (Foto: Thinkstock)
Anak-anak memiliki otak yang kreatif dan memiliki imajinasi yang luar biasa untuk membuat pembuka dan isi plot cerita. Tapi mereka mungkin akan merasa sulit untuk membuat akhir dari cerita. Maka dari itu, berlatih menulis sebuah karya utuh bisa mengasah kemampuan anak untuk memecahkan masalah.
4. Belajar Merangkai Kata
Tidak semua anak bisa merangkai kata dengan benar, terutama saat mereka baru saja bertemu dengan orang baru. Dengan menulis, mereka bisa belajar merangkai kata untuk meluapkan emosi atau perasaan yang sedang mereka miliki.

ParentingMOMSTumbuh Kembang AnakAnakPendidikan Karakter

presentation
500

Baca Lainnya