kumparan
14 Feb 2018 17:43 WIB

5 Cara Alami Percepat Persalinan

Ilustrasi melahirkan caesar (Foto: Thinstock)
Tanggal perkiraan lahir sudah berlalu, namun bayi masih tampak nyaman di dalam perut ibunya. Jika sudah begini, ibu hamil perlu mendapatkan rangsangan agar bisa mempercepat proses persalinan. Hal ini perlu dilakukan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
ADVERTISEMENT
kumparanMom (kumparan.com) merangkum lima cara alami yang bisa dicoba untuk merangsang bayi segera keluar.
1. Berjalan
Dikutip dari Livestrong, berjalan kaki dapat membantu melembutkan dan melebarkan serviks ibu hamil. Cara ini dipercaya efektif merangsang posisi bayi untuk segera masuk ke jalan lahir.
Pastikan saat melakukannya, ditemani orang terdekat ya, Moms.
2. Bercinta
Jangan takut berhubungan intim dengan suami saat hamil. Sebab ketika bercinta, tubuh akan memproduksi prostaglandin, hormon yang dapat mempercepat proses persalinan. Pastikan suami melakukan ejakulasi di dalam vagina, karena hormon prostaglandin juga terkandung pada cairan ejakulasi.
Selain itu, saat Anda mencapai orgasme, serviks akan terbuka sebesar dua sentimeter. Meski begitu, hindari melakukan hubungan seksual bila air ketuban sudah pecah atau tanpa izin dari dokter.
ADVERTISEMENT
3. Akupresur
Menurut doula dan pendiri Joy of Birthing, Giuditta Tornetta, akupresur merupakan salah satu cara alami yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi untuk menginduksi persalinan.
Terapi yang berasal dari China ini dilakukan dengan cara meletakkan jari untuk memijat, menggosok, dan merangsang pada titik-titik penting di sekujur tubuh. Cara ini mampu melebarkan serviks, dan membuka lahir bayi.
4. Memijat Puting Payudara
Memijat aerola, bagian hitam di puting payudara dapat merangsang produksi oksitosin sehingga menimbulkan kontraksi rahim. Lakukan selama 15-20 menit secara rutin setiap jam. Hormon ini dapat merangsang bayi agar segera lahir.
Meski begitu, jangan dilakukan secara berlebihan karena bisa membuat bayi menjadi stres. Oleh sebab itu, mesti dilakukan di bawah pengawasan tim medis.
ADVERTISEMENT
5. Birthing Balls
Jika pernah mengikuti kelas prenatal, Anda mungkin sudah tidak asing lagi. Berlatih duduk dan relaksasi di atas bola karet besar yang elastis, namun stabil menyangga tubuh. Para ahli menyatakan bahwa duduk dan mengayun perlahan di atas birthing balls ini dapat membantu janin bergerak ke posisi jalan lahir secara alami. Agar lebih aman, minta instruktur kelas prenatal Anda ikut mendampingi.
Pastikan saat mempraktikkan cara-cara di atas, Anda berada dalam pengawasan dokter atau bidan ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·