kumparan
17 Des 2018 18:13 WIB

5 Cara Cegah Infeksi TORCH sebelum Mulai Program Hamil

Ilustrasi pemeriksaan toksoplasma sebagai bagian dari TORCH (Foto: Shutterstock)
Pernahkah Anda mendengar mengenai infeksi TORCH yang sangat berbahaya untuk wanita hamil maupun bayinya? Ya Moms, TORCH adalah istilah akronim singkatan dari empat penyakit yaitu Toksoplasma, Rubella, Citomegalovirus (Cmv), dan Herpes.
ADVERTISEMENT
Infeksi TORCH selama kehamilan merupakan hal yang sangat serius dan merupakan salah satu penyebab persalinan prematur, keguguran, infeksi kongenital pada janin, hingga kematian pada janin. Itulah kenapa, dokter umumnya akan meminta ibu hamil melakukan pemeriksaan darah di awal kehamilan untuk mendeteksi apakah ada infeksi TORCH di tubuhnya.
Bukan cuma itu, mengingat infeksi TORCH pada kehamilan sangat berbahaya para ahli kesehatan menyarankan semua pasangan yang ingin cepat hamil atau hendak memulai program kehamilan (promil) melakukan pencegahan. Maksudnya agar saat promil dimulai, Anda benar-benar sudah dipastikan bebas dari infeksi berbahaya ini, Moms.
Bagaimana caranya? Mengutip Jurnal Program Nutritalk, setidaknya ada 5 hal yang dapat Anda lakukan seperti berikut ini:
1. Makan makanan bergizi seimbang
Ilustrasi makanan bergizi seimbang (Foto: Thinkstock)
Kecukupan gizi penting untuk perkembangan janin maupun membuat tubuh ibu hamil tetap sehat dan kuat. Bila tubuh Anda sehat, Anda tentu dapat lebih melawan penyakit dan tidak rentan terinfeksi berbagai virus, bakteri maupun parasit termasuk TORCH.
ADVERTISEMENT
2. Hindari makan makanan setengah matang apalagi mentah
Kurangi konsumsi rawfood (Foto: Pixabay)
Sebisa mungkin, hindarilah mengonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan sempurna atau setengah matang apalagi makanan mentah. Pasalnya, virus atau penyakit penyebab TORCH bisa terdapat pada bahan makanan dan terus hidup karena tidak dimasak.
3. Menjaga kebersihan tubuh
Ilustrasi cuci tangan. (Foto: Thinkstock)
Kebiasaan mencuci tangan adalah salah satu langkah sederhana yang paling ampuh untuk mencegah Anda terinfeksi berbagai kuman, virus dan parasit. Pastikan Anda mencuci bersih tangan Anda setelah makan, memegang hewan peliharaan, tanaman, dan setelah buang air besar maupun kecil.
4. Hindari kontak dengan orang sakit
Bila tahu ada seseorang yang sedang sakit, sebaiknya hindarilah agar Anda tidak tertular. Bila tidak dapat menghindar, cobalah gunakan masker dan tidak perlu berbagi makanan atau minuman dengannya.
ADVERTISEMENT
5. Periksa kehamilan secara teratur
Ilustrasi Dokter Memeriksa Ibu Hamil (Foto: Thinkstock)
Sebelum maupun sesudah hamil, jangan lupa memeriksakan diri secara teratur pada dokter. Dengan memeriksakan diri secara rutin, dokter dapat memantau kondisi Anda dan segera mengambil tindakan bila dibutuhkan.
Apabila tubuh Anda ternyata terinfeksi TORCH misalnya, penanganan ang cepat sangat dibutuhkan untuk membantu kondisi bayi tidak menjadi buruk. Jadi, jangan lalai ya, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan