Pencarian populer

5 Fakta tentang Anak Down Syndrome yang Perlu Anda Ketahui

Ilustrasi anak down syndrome. (Foto: Thinkstock)

Memiliki anak yang terlahir down syndrome bukan berarti akhir dari segalanya. Anak dengan down syndrome juga bukan suatu aib atau hal yang berbahaya. Mereka sama berharganya dengan anak-anak normal lainnya, Moms. Anak dengan down syndrome juga manusia biasa yang membutuhkan kasih sayang dan kehidupan seperti anak pada umumnya.

Dikutip dari Save The Children Indonesia, berikut adalah beberapa fakta unik tentang anak down syndrome yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja?

1. Down Syndrome Bukan Penyakit

Ilustrasi anak down syndrome. (Foto: Thinkstock)

Hampir kebanyakan ornag berpikir bahwa down syndrome adalah sebuah penyakit. Padahal faktanya, down syndrome adalah kondisi genetik di mana kromosom si penderitanya memiliki kelebihan kromosom yaitu berjumlah 47. Normalnya, manusia memiliki kromosom berjumlah 46.

2. Anak Down Syndrome juga Memiliki Perasaan

Ilustrasi anak down syndrome. (Foto: Thinkstock)

Sama seperti anak-anak normal lainnya, anak dengan down syndrome juga bisa merasakan sedih, senang, marah, senang, terharu dan bangga.

3. Anak Down Syndrome Juga Bisa Beraktivitas

Lomba di acara Down Syndrome Sedunia 2017. (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Jangan merendahkan kemampuan anak down syndrome, Moms. Mereka juga mampu melakukan berbagai aktivitas, seperti berjalan, bermain, berbicara, dan menyelesaikan berbagai masalah. Hanya saja, proses belajarnya lebih lambat daripada anak normal.

4. Anak Down Syndrome Memiliki Kemampuan Mengobservasi

Menghadapi anak dengan down syndrome (Foto: Thinstock)

Anak yang menderita down syndrome memiliki kemampuan yang tinggi dalam mengobservasi apa yang dilakukan orang di sekitarnya. Ia juga dapat melakukannya sama persis seperti pada anak umumnya secara konsisten.

5. Anak Down Syndrome Juga Berbakat

Joseph Hale. (Foto: Dok. River Island)

Siapa bilang anak dengan down syndrome tidak memiliki bakat? Mereka juga punya bakat dan potensi yang bisa dikembangkan kok, Moms. Masing-masing dari mereka membawa kemampuan kognitif dan intelegensi yang berbeda-beda. Contoh beberapa anak down syndrome yang sukses adalah seperti Zhou Zhou yang merupakan seorang konduktor musik, Ayelén Barreiro seorang penari, Pablo Pineda yang merupakan seorang aktor, dan masih banyak lainnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57