Pencarian populer

5 Jenis Makanan untuk Kesehatan Jantung Keluarga

Ilustrasi wanita tes kesehatan. (Foto: Thinkstock)

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak dunia. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami penyakit gagal jantung lho, Moms.

Meski sampai saat ini penyebab utama penyakit jantung belum diketahui pasti, tapi gaya hidup dan pola makan tidak sehat disinyalir menjadi salah satu faktor pemicu datangnya penyakit mematikan tersebut.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit jantung, Anda dan keluarga harus rajin berolahraga, serta mengosumsi makanan sehat.

Dikutip dari Daily Mail, berikut 5 jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung keluarga Anda:

Semangka

Ilustrasi semangka. (Foto: Thinkstock)

Semangka merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan serat dan antioksidan. Dikutip dari laman Live Strong, Dr. Sarah Samaan, ahli jantung dari Legacy Heart Center di Dallas-Fort Worth Metroplex, mengatakan bahwa semangka merupakan sumber likopen yang dapat mengikis risiko penyakit jantung.

Selain itu, semangka juga mengandung citrulline yang bisa memperbaiki kesehatan pembuluh darah.

Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang mede (Foto: Thinkstock)

Kacang-kacangan merupakan bahan pangan yang tinggi akan lemak tak jenuh. Zat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi satu mangkuk kecil kacang setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Cokelat

Good news, Moms! Salah satu makanan favorit anak ini rupanya masuk dalam daftar makanan yang bisa mencegah penyakit jantung.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang-orang yang secara teratur mengonsumsi 20 gram cokelat per hari menunjukkan peningkatan peredaran darah yang lebih lancar.

Zat polifenol yang terkandung dalam cokelat akan melepaskan nitrit oksida yang berkhasiat melancarkan peredaran darah, mengurangi penumpukkan plak dalam saluran darah, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Alpukat

Ilustrasi alpukat (Foto: Pixabay)

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang kaya akan potasium. Potasium adalah sumber mineral yang berfungsi mengendalikan tekanan darah. Selain itu, tekstur dagingnya yang lembut dapat membantu mengurangi rasa lapar, dan membantu menjaga perut kenyang lebih lama.

Buah Berry

Meski bentuknya kecil, berry memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan terbukti bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah yang tumbuh di negara tropis ini mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Hal ini berdampak pada menurunnya tekanan darah dalam tubuh.sumbe rmineral

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: