Pencarian populer

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Melancarkan Produksi ASI Perah

Ilustrasi kacang hijau. (Foto: Thinkstock)

Semua ibu tentu menginginkan memiliki stok ASI perah yang bisa mencukupi kebutuhan bayinya. Namun terkadang, ada beberapa kondisi yang membuat produksi ASI perah menurun.

Jika sudah begitu, Anda harus mencari solusinya, Moms. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI, salah satunya kacang hijau. Kacang hijau mengandung banyak sekali manfaat karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk melengkapi nutrisi ibu menyusui. Nah Moms, berikut adalah kandungan pada kacang hijau yang bisa memperlancar ASI perah.

1. Karbohidrat

Bubur Kacang Hijau (Foto: Thinkstock)

Ibu menyusui membutuhkan kalori lebih banyak daripada wanita pada umumnya, sehingga ibu menyusui harus selalu mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Salah satu makanan yang bisa melancarkan produksi ASI perah adalah kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi mencapai angka 62,90 gram/100 gram karbohidrat. Sari pati pada kacang hijau akan mengubah kalori menjadi energi yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda selama menyusui.

2. Protein

Kacang Hijau (Foto: Thinkstock)

Ibu menyusui membutuhkan asupan protein tinggi untuk memproduksi ASI lebih banyak. Anda bisa mendapatkan asupan tinggi protein dengan mengkonsumsi kacang hijau sebagai pelancar ASI. Kandungan protein dalam kacang hijau adalah 22 gram/100 gram sehingga sangat baik untuk pertumbuhan bayi Anda.

3. Lemak

Kacang Hijau (Foto: Thinkstock)

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang hijau adalah 73 persen sehingga aman dikonsumsi untuk membentuk kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh juga akan membantu meningkatkan jumlah panjang akson, dendrite serta neuron yang bisa meningkatkan kecerdasan otak pada bayi yang mengkonsumsi ASI. Kandungan lemak tak jenuh ini juga akan membuat ibu menyusui memiliki nutrisi yang cukup tanpa harus takut gemuk.

4. Vitamin

Kacang Hijau (Foto: Thinkstock)

Kacang hijau mengandung banyak sekali vitamin seperti vitamin A, B, B1 dan C. Dengan mengkonsumsi kacang hijau, Anda telah memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh bayi termasuk semua vitamin yang ada di dalamnya. Misalnya saja, lewat ASI, bayi akan mendapat vitamin A yang mampu mencegah penyakit mata.

5. Mineral

Bubur kacang hijau (Foto: Instagram/ @jayanto_art @eva_puspita_d)

Kalsium, fosfor dan zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Kalsium dan fosfor bisa mencegah osteoporosis pada ibu menyusui. Sementara zat besi juga mampu mencegah anemia yang kerap melanda ibu menyusui setelah proses melahirkan.

Meski demikian, di samping mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, Anda juga harus rajin menyusui langsung dan rutin memompa payudara untuk meningkatkan produksi ASI perah, Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23