kumparan
20 Jan 2018 17:48 WIB

5 Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Saat Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil. (Foto: Pixabay)
Resmi menjadi ibu hamil, tentu Anda jadi lebih memperhatikan apa-apa saja yang Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan janin. Tak lupa di dalamnya, buah-buahan.
ADVERTISEMENT
Buah memang salah satu makanan sehat yang perlu Anda konsumsi setiap hari untuk pemenuhan nutrisi dan vitamin harian selama masa kehamilan. Salah satu buah yang bisa Anda konsumsi adalah buah naga.
Apakah Anda juga menyukainya, Moms?
Anda yang menyukainya, selamat dan teruskan mengonsumsinya. Untuk yang belum mencoba, coba baca beberapa manfaat mengonsumsi buah naga untuk ibu hamil berikut ini:
1. Menjadi Sumber Energi
Ketika hamil, energi dalam tubuh akan terkuras dua kali lipat lebih banyak dari biasanya. Hal ini dikarenakan tubuh menopang 2 manusia sekaligus (Anda dan janin).
Buah naga mengandung karbonhidrat sebanyak 10 sampai 14 gram per buahnya. Ketika Anda hamil, tubuh membutuhkan sekitar 140 gram karbonhidrat dalam sehari, maka dari itu penting untuk Anda mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat yang tinggi.
ADVERTISEMENT
2. Mencegah Anemia
Ilustrasi Anemia (Foto: Thinkstock)
Makan buah naga selama masa kehamilan juga bisa mencegah masalah anemia. Buah naga kaya akan zat besi yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah dalam tubuh.
Selain itu, zat besi dalam buah naga juga berfungsi untuk memperlancar aliran oksigen ke dalam janin dan mencegah kelainan darah pada janin.
3. Meningkatkan Imun Dalam Tubuh
Imun dalam tubuh juga bisa meningkat ketika Anda mengonsumsi buah naga. Hal ini dikarenakan, buah naga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi sehingga meningkatkan kekebalan imun dalam tubuh.
Dengan meningkatkan kekebalan tubuh, maka ibu hamil bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, infeksi dan juga virus.
4. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi
Ibu Hamil. (Foto: Thinkstock)
Selain mengandung Vitamin C dan zat besi, buah naga juga mengandung folat yangt tinggi. Folat merupakan kandungan yang diperlukan selama kehamilan karena berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.
ADVERTISEMENT
Jika janin tidak bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik, maka janin tersebut akan rentan terkena kecacatan dan keguguran.
5. Sumber Serat yang Baik
Serat membantu Anda lebih cepat kenyang dan menjaga usus berfungsi dengan baik. Dikutip dari laman Livestorng, sembelit selama masa kehamilan memang sering terjadi. Maka dari itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung cukup serat.
Dalam catatan Diet Reference Intakes, buah naga memiliki 0,3 sampai 0,9 serat. Sedangkan tubuh membutuhkan 28 gram serat perhari. Dan maka dari itu lah mengapa Anda diwajibkan mengonsumsi buah naga secara rutin ketika hamil.
Bagaimana, Moms? Mau berburu buah naga untuk persediaan buah di rumah hari ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·