Pencarian populer

5 Penyebab Utama Bau Mulut Selama Hamil

Ilustrasi bau mulut (Foto: Thinkstock)

Saat Anda hamil, tubuh akan banyak mengalami perubahan. Baik dari segi fisik maupun kondisi psikologis. Namun rupanya, kesehatan mulut ibu hamil juga tidak luput dari perubahan-perubahan yang ada. Salah satu perubahan yang mungkin terjadi pada kesehatan mulut Anda adalah, munculnya bau mulut.

Lantas, apa saja yang menyebabkan bau mulut tidak sedap muncul saat hamil? Dikutip dari laman Mom Junction, berikut ulasannya:

Perubahan Hormon

Bau mulut adalah salah satu gejala kehamilan umum yang muncul karena kadar hormon yang meningkat saat janin Anda berkembang.

Selain itu, perubahan hormon estrogen dan progesteron selama kehamilan juga bisa meningkatkan produksi plak di gigi Anda, Moms. Plak mengandung bakteri yang menghasilkan sulfur ketika berkontak langsung dengan makanan. Alhasil, mulut akan terasa jadi lebih bau dari biasanya.

Dehidrasi

Ilustrasi dehidrasi. (Foto: Thinkstock)

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh ibu juga bisa menjadi penyebab bau mulut selama hamil. Kurangnya asupan air bisa membuat mulut ibu jadi kering. Kondisi ini biasa disebut sebagai xerostomia.

Anda harus minum lebih banyak air, agar air liur bisa membasmi bakteri penyebab bau mulut.

Morning Sickness

Ilustrasi Tanda Hamil. (Foto: Thinkstock)

Lebih dari 50 persen wanita hamil, pasti mengalami morning sickness. Hal ini menyebabkan Anda jadi mual dan muntah, yang bisa menjadi penyebab utama bau mulut selama hamil. Sangat disarankan untuk ibu hamil menyikat gigi setelah muntah.

Kekurangan Kalsium

Anda membutuhkan kalsium dalam jumlah ekstra selama kehamilan untuk mendukung tubuh dan janin Anda. Jika tubuh tidak memiliki cukup kalsium, tubuh akan mengambil kalsium dari gigi dan tulang yang pada akhirnya buat gigi jadi kekurangan kalsium dan menyebabkan bau mulut.

Salah Mengkonsumsi Makanan

Makanan seperti bawang dan kopi, bisa dengan mudah menyebabkan bau mulut pada ibu hamil. Bukannya tidak boleh mengkonsumsi bawang selama hamil, tapi disarankan untuk langsung mencuci mulut atau menyikat gigi setelah Anda mengkonsumsi bawang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: