kumparan
13 Feb 2018 15:49 WIB

5 Tips Atasi Anak Susah Makan Sayur

Anak tidak mau makan sayur (Foto: Thinkstock)
Anak ogah-ogahan makan sayur? Jangan kehabisan akal membujuk sampai ia bersedia makan sayur, Moms! Tentu saja khasiat makan sayuran tidak perlu diragukan lagi. Tubuh jadi sehat, sistem pencernaannya lancar, dan sumber energi tubuh.
ADVERTISEMENT
Akui saja, Moms. Sayuran bisa jadi merupakan salah satu musuhnya anak. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang tidak mau makan sayur?
Tenang, kumparanMom (kumparan.com) telah merangkum lima tips yang bisa Anda lakukan agar anak bersedia makan sayur:
1. Berikan contoh
Jadilah contoh untuk memakan buah dan sayur (Foto: Thinkstock)
Anak akan mulai tertarik makan sayur bila Anda lebih dulu makan sayur. Si kecil akan melihat Anda sebagai panutan, serta meniru yang mereka lihat. Apabila anak sering melihat orang tuanya makan sayuran, ia juga akan meniru kebiasaan baik tersebut.
Bila yang Anda konsumsi bukan sayur, tapi justru menyuruh anak makan sayur mungkin usaha Anda akan sia-sia saja, Moms.
2. Ajak anak memasak bersama
Ajak anak masak bersama (Foto: Thinkstock)
Buat anak, memasak merupakan salah satu aktivitas menyenangkan. Jadikan aktivitas masak-masak menjadi sebuah 'peluang' Anda membuat anak jadi suka makan sayur. Berikan anak tugas yang sederhana, yang bisa ia lakukan. Misalnya memotong dan mencuci sayur. Ketika masakan sudah siap disantap, jangan lupa untuk mengajak anak mencicip masakan yang sudah ia buat.
ADVERTISEMENT
3. Jangan dipaksa
Kesalahan orang tua buat anak malas makan (Foto: Dok. Thinkstock)
Banyak orang tua yang sering memaksakan anaknya makan sayur. Kenyataannya, hal ini justru membuat anak semakin malas dan menolak makan sayur. Jika anak sedang tidak mood makan sayur, Anda bisa mencobanya di lain hari dengan varian masakan yang berbeda.
4. Varian makanan menarik
Bekal makanan (Foto: Thinkstock)
Anak-anak sangat suka dengan hal-hal yang menarik di depannya. Jadi jika Anda ingin buat anak jadi gemar makan sayur, coba buat secara kreatif dalam menyajikan menu sayuran. Dikutip dari laman Eat This, varian makanan yang disajikan juga harus berbeda-beda setiap harinya. Tujuannya agar anak tidak bosan serta memenuhi kebutuhan nutrisi anak dari aneka jenis sayuran.
5. Berikan Reward
Apresiasi terhadap anak (Foto: Thinkstock)
Saat si kecil yang enggan makan sayur lantas ia baru saja berhasil menghabiskan hidangan sayur di hadapannya itu, jangan lupa berikan apresiasi ya, Moms. Misalnya dengan membelikannya ice cream sepulang Anda ngantor. Tanamkan terus di dalam diri anak bahwa manfaat makan sayur adalah baik buat tumbuh kembangnya.
ADVERTISEMENT
Anda punya cara ampuh lain supaya si kecil doyan makan sayur? Berikan pendapat Anda pada kolom komentar, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan