kumparan
31 Des 2017 13:17 WIB

5 Tips Cara Merawat Gigi Anak yang Memakai Kawat

Cara Merawat Gigi Anak yang Menggunakan Kawat (Foto: Dok. istock)
Kawat gigi banyak dipakai oleh para ibu yang memiliki anak dengan kondisi gigi tidak rapi. Meski begitu, merawat anak dengan gigi berkawat tidaklah mudah, karena kebersihan mulut anak harus lebih diperhatikan.
ADVERTISEMENT
Dr Vaishali Karad selaku Direktur Layanan Klinik dan SDM yang berbasis di Mumbai memberikan beberapa tips untuk para ibu agar kebersihan gigi anak yang mengenakan kawat tetap terjaga, berikut ulasannya seperti yang dikutip kumparan (kumparan.com) dari laman The Health Site:
1. Rajin Menyikat Gigi
Anak Anda harus menyikat gigi dan gusi setidaknya tiga kali sehari, dan hal ini sebaiknya dilakukan setelah makan. Akan tetapi jika hal ini tidak memungkinkan (misalnya saat Anda sedang bepergian dengan buah hati) Anda bisa meminta si kecil untuk berkumur dengan air bersih.
2. Menggunakan Sikat Gigi yang Lembut
Gunakan sikat gigi yang memiliki sikat lembut dengan ujung kepala yang kecil. Hal ini akan mempermudah sikat gigi untuk masuk ke seluruh bagian area mulut buah hati. Selain menggunakan ujung kepala sikat yang kecil, Anda juga perlu memastitkan bahwa sikat yang digunakan berbahan lembut dan tidak kasar.
Cara Merawat Gigi Anak yang Menggunakan Kawat (Foto: Dok. pixabay)
3. Pasta Gigi Flouride
ADVERTISEMENT
Selain itu gunakanlah pasta gigi berfluoride. Dan pastikan anak menghabiskan waktu tidak lebih dari 3 menit saat menyikat gigi. Menyikat gigi teralu lama dan keras bisa menyebakan erosi pada sensitivitas enamel, jadi hati-hati ya Moms!
4. Menyikat Gigi secara Benar
Ajarkan anak Anda cara menyikat gigi yang benar. Sikat gigi mulai dari bagian atas ke bawah dengan gerakaan circular motion (gerakan memutar). Hal ini berfungsi untuk mencegah kerusakan pada kawat dan mencegah kawat jadi berkarat.
Oh ya Moms, jangan lupa memastikan anak
Gunakan Sikat Gigi Pribadi. (Foto: Thinkstock)
kedua sisi rahang secara terpisah dan berurutan sehingga setiap permukaan setiap gigi dibersihkan secara menyeluruh.
5. Jika Sikat Gigi Biasa Tidak Cukup, Gunakan Sikat Gigi Interdental
ADVERTISEMENT
Yang terakhir Anda bisa membelikan buah hati sikat gigi interdental. Sikat gigi interdental adalah sikat khusus yang membantu menghilangkan plak yang menempel pada kawat gigi. Selain itu sikat ini bisa membantu untuk menghilangkan partikel makanan atau plak yang berkumpul di area ortodontik, karet kawat dan di dekat pinggiran gusi.
Sikat Interdental tidak memerlukan pasta gigi saat proses penyikatan dan anak bisa menggunakan sikat interdental untuk membersihkan sekitar lampiran ortodontik pada setiap gigi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan