Pencarian populer

5 Tips Nyaman Menjalani Kehamilan

Harmonis ketika hamil (Foto: Pixabay)

Saat hamil, banyak hal yang bisa membuat calon ibu tidak nyaman.

Mulai dari mood swing, mudah lelah padahal tidak melakukan aktivitas berat, dan overload saran tentang kehamilan dari orang terdekat. Semuanya itu tentu bisa mengacaukan hari Anda. Padahal, pengalaman hamil sayang kalau dilewatkan dengan bersungut-sungut lho, Moms.

Yuk, jalani kehamilan dengan nyaman! Berikut tips kumparanMom (kumparan.com) yang bisa Anda ikuti.

Bekali diri

Rak Buku untuk ibu (Foto: Pixabay)

Calon ibu, jangan stres! Stres seringkali terjadi akibat kurangnya persiapan pada ibu hamil. Mulai dari minim pengetahuan dan karena ini merupakan pengalaman hamil pertama kali. Maka, persiapkanlah dengan baik.

Anda bisa mencari tahu pengetahuan seputar kehamilan dan menyusui dari banyak sumber terpercaya. Misalnya lewat buku, artikel dari situs internet, gambar dan video. Termasuk dengan banyak diskusi dengan teman dan orang tua yang lebih dulu berpengalaman, serta rajin menghadiri berbagai seminar. Hitung-hitung, selain menambah pengalaman, Anda juga menambah teman baru.

Dengan persiapan, Anda bisa merencanakan, memprediksi dan menangani masalah dengan lebih tenang.

Buat Prioritas

com-Party Planner (Foto: Thinkstock)

Ketika hamil, Anda mungkin tidak lagi selincah dan seaktif saat sebelum mengandung. Bisa juga, Anda masih merasa sanggup, namun fisik dan emosi Anda tidak mendukung. Maka dari itu, kenali alarm dari tubuh Anda. Jangan dipaksa, ya. Tidak masalah kok kalau tidak perlu menghadiri semua undangan atau kegiatan. Tentukanlah prioritas yang benar-benar penting dan sanggup Anda kerjakan, Moms.

Perhatikan Asupan Makan dan Minum

Ibu hamil perlu konsumsi makanan sehat (Foto: Thinkstock)

Kondisi hamil seolah menjadi tameng kalau ibu hamil boleh makan apapun dan porsi untuk dua orang. Faktanya, porsi memang akan bertambah tapi tidak untuk dua orang ukuran dewasa, karena menyesuaikan janin yang berukuran kecil. Ibu hamil membutuhkan tambahan 300 kalori setiap hari pada trimester pertama, 350 kalori pada trimester kedua, dan 450 kalori pada trimester ketiga.

Perhatikan pula asupan gizi harian Anda. Pilih asupan sehat dan mulai kurangi makanan yang mengandung gula tinggi, berminyak dan berlemak. Ganti dengan varian sumber nutrisi alami yang kaya serat dan sehat. Misalnya, sayur dan buah-buahan yang diolah dengan cara benar.

Istirahat Cukup

Kaki ibu hamil (Foto: Pixabay)

Jika selama ini semua hal mesti Anda kerjakan sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan dan mendelegasikan tugas ke orang lain ya, Moms. Alokasikan waktu untuk beristirahat dengan cukup. Kondisi hamil juga kerap membuat Anda cepat mengantuk. Tidur cukup penting bagi kesehatan tubuh dan dapat memperbaiki kondisi psikologis. Hindari kebiasaan begadang dan tidur terlalu malam pula ya, Moms.

Support system

Ibu, mertua, dan kerabat ibu hamil (Foto: Thinkstock)

Anda akan lebih mudah menjalani suatu hal bila mendapat dukungan penuh dari lingkungan sekitar. Maka dari itu, berikan pengertian kepada suami dan orang tua agar senantiasa terus mendukung Anda. Bergabung dan berkumpul dengan komunitas ibu hamil juga bisa Anda lakukan. Dukungan dari orang yang senasib sama-sama hamil, membuat Anda tidak lagi merasa berjuang sendiri.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57