Pencarian populer

6 Hal yang Bisa Menyebabkan Susah Hamil

Ilustrasi periksa kehamilan. (Foto: Thinkstock)
Bagi sebagian pasangan, memiliki keturunan bukanlah suatu hal yang mudah untuk diwujudkan. Beberapa wanita mungkin bisa dengan mudah hamil. Sementara sebagian lagi merasa sudah mengerahkan seluruh tenaga, tapi tidak kunjung berbadan dua.
ADVERTISEMENT
Selain masalah kesuburan, ada faktor lainnya yang menyebabkan Anda susah untuk hamil. Dilansir kumparanMOM (kumparan.com) dari Mom Junction, data yang dilaporkan oleh Before Your Pregnancy oleh Amy Ogle dan Lisa Mazullo menyatakan, masalah kehamilan dapat muncul disebabkan berbagai masalah. Dimulai dari faktor kebiasaan bercinta hingga kesehatan organ reproduksi.
Dikutip dari laman Today’s Parent, berikut beberapa faktor paling umum yang menyebabkan Anda jadi susah hamil:
1. Stres
stres (Foto: dok.thinkstock)
Stres bisa membawa pengaruh buruk, baik pada fisik maupun mental Anda. Ketika Anda mulai mengalami stres, cobalah untuk mencari kegitan yang bisa membangkitkan mood dan mencerahkan pikiran Anda. Ini berguna untuk melepaskan stres yang sedang Anda alami.
“Banyak perempuan berpikir hal terbaik yang harus dilakukan saat Anda stres adalah dengan meluangkan waktu untuk bekerja. Menurut pengalaman saya, itu tidak membantu. Hal ini justru bisa buat Anda semakin tertekan dan yang pada akhinya akan memengaruhi hormon dalam tubuh,” ujar Megan Karnis, Direktur Medis The ONE Fertility Clinic di Burlington.
ADVERTISEMENT
Ini dikarenakan tuntutan pekerjaan, deadline, atasan atau rekan kerja yang mungkin kurang kooperatif, justru bisa memunculkan stres baru. Selain pelarian ke aktivitas yang bisa melepas stres, ketahui dan pelajari manajemen stres, agar dapat Anda mengatasi aneka tekanan dalam hidup.
2. Kurang Tidur
Kurang tidur. (Foto: Thinkstock)
Kekurangan gizi tidak hanya disebabkan karena Anda kurang mengonsumsi makanan bernutrisi, tapi juga bisa disebabkan karena Anda kurang tidur. Kurang tidur juga bisa memengaruhi sistem kekebalam tubuh, yang pada akhirnya membuat tubuh rentan terkena penyakit serta memengaruhi siklus reproduksi.
"Bagi orang yang tidak cukup tidur, sistem kekebalan tubuh mereka jadi turun dan mereka cenderung terkena infeksi, sehingga akan memengaruhi siklus reproduksi," kata Karnis.
3. Masalah dengan Berat Badan
Pola makan yang tak sehat sebabkan obesitas (Foto: Thinkstock)
Seorang wanita yang kurus atau kelebihan berat badan juga berpotensi mengalami kesulitan hamil pula. Tubuh yang kekurangan gizi tidak bisa berovulasi dengan baik. Di sisi lain, kelebihan berat badan dapat berdampak buruk terhadap kesuburan Anda.
ADVERTISEMENT
Jadi dianjurkan untuk Anda yang memiliki berat badan berlebih, untuk lebih sering berolahraga dan menjalani program diet. Sebaliknya, Anda yang bertubuh kurus, penuhilah asupan harian agar berat tubuh berangsur-angsur bertambah.
4. Siklus Menstruasi Tidak Teratur
Nyeri menstruasi (Foto: thinkstock)
Perempuan yang memiliki siklus haid tidak teratur juga berpotensi sulit hamil. Menstruasi tidak teratur menunjukan ovulasi yang tidak konsisten. Oleh karena itu, semakin jarang Anda berovulasi, semakin sedikit pula kesempatan Anda untuk hamil. Maka dari itu penting untuk Anda menjaga pola hidup yang sehat seperti berolahraga dan melakukan diet
5. Tidak Melakukan Seks di Waktu yang Tepat
Ilustrasi Enggan Bercinta (Foto: Thinkstock)
Anda sering bertanya-tanya, rasa-rasanya sudah rajin melakukan hubungan intim dengan pasangan tapi tidak juga kunjung hamil. Bisa jadi itu karena Anda dan suami tidak melakukannya pada waktu yang tepat, Moms.
ADVERTISEMENT
Lakukan seks saat Anda memasuki masa subur atau masa ovulasi, dapat membuat Anda berpeluang hamil lebih cepat.
6. Berpikiran Negatif
Ilustrasi Berpikir (Foto: pixabay)
Berpikiran negatif tentang kesuburan hanya akan menambah stres saja. Sebaiknya, hindari hal seperti ini sebab akan memengaruhi hormon dalam tubuh.
Jika Anda dan pasangan merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, termasuk di dalam pikiran Anda. Disertai pula dengan doa secara sungguh-sungguh.
Selamat mencoba dan semoga cepat hamil, Moms!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80