kumparan
16 Jan 2018 16:42 WIB

6 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Anak

Buah jeruk (Foto: Thinkstock)
Jeruk merupakan salah satu buah favorit bagi banyak orang, termasuk anak. Tidak hanya rasanya yang manis dan segar, Anda mungkin juga sudah tahu bahwa jeruk merupakan sumber Vitamin C yang sangat besar, sehingga bisa meningkatkan sistem imun tubuh manusia.
ADVERTISEMENT
Tapi ternyata, tidak hanya itu lho, Moms. Masih ada banyak manfaat jeruk lainnya bagi buah hati kita. Apa saja? Ini di antaranya:
1. Obat Untuk Anemia
Ilustrasi Anemia (Foto: Thinkstock)
Kandungan vitamin C dalam buah jeruk membantu menyerap zat besi, yang meningkatkan jumlah hemoglobin, dan mencegah gejala anemia, seperti kelelahan dan pusing pada anak. Sajikan segelas jus jeruk segar untuk anak Anda secara rutin untuk membantunya memiliki kadar hemoglobin yang sehat.
2. Mengobati Masalah Dispepsia
Dispepsia adalah salah satu masalah kesehatan umum yang dialami kebanyakan anak karena mereka memiliki sistem pencernaan yang lemah dan rentan. Minum jus jeruk atau makan potongan jeruk segar, dapat meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi dengan mudah.
ADVERTISEMENT
3. Mencegah Rakhitis
Rakhitis adalah kondisi yang umumnya berkembang pada masa bayi. Dengan kondisi ini, tulang akan melemah dan melunak karena kekurangan kalsium dan fosfat. Jeruk adalah sumber mineral yang sangat baik, seperti kalsium, besi, seng, mangan, magnesium, dan tembaga, yang semuanya membantu mencegah perkembangan rakhitis pada anak-anak. Selain itu, minum jus jeruk setiap hari juga bisa menjadi obat yang hebat untuk gejala rakhitis dan kelainan lainnya pada anak-anak.
4. Obat Alami Untuk Flu dan Batuk
Flu dan Batuk (Foto: Thinkstock)
Penyakit yang sering dialami anak adalah flu dan batuk. Jeruk berfungsi sebagai salah satu solusi terbaik untuk meminimalkan masalah ini. Seperti yang dikatakan sebelumnya, jeruk memiliki kandungan Vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun sehingga bisa mempercepat penyembuhan virus flu dan batuk.
ADVERTISEMENT
Dikutip kumparanMom (kumparan.com) dari laman Parenting Healthy Babies, Anda hanya perlu menyiapkan secangkir jus jeruk yang sudah dicampurkan dengan satu sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata dan sajikan pada anak secara rutin.
5. Mempercepat Pemulihan dari Infeksi Tifus
Tifus bisa terjadi karena pertumbuhan bakteri Salmonella Tyohi yang merupakan mikroba menular. Saat tifus, anak akan kekurangan cairan sehingga mereka membutuhkan makanan yang mengandung segudang cairan seperti buah jeruk.
6. Meningkatkan Fungsi Penglihatan
Ilustrasi kesehatan mata bayi (Foto: Thinkstock)
Jeruk adalah sumber Vitamin A, flavonoid, fitonutrien dan nutrisi yang membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir mata anak Anda. Asam sitrat dalam buah jeruk juga bisa menyehatkan mata anak secara signifikan. Cling! Mata si kecil pun bertambah sinarnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·