Pencarian populer

9 Destinasi Wisata untuk Habiskan Long Weekend 17 Agustus Bersama Anak

Ilustrasi Wisata Bersama Anak (Foto: Thinkstock)
Long weekend 17 Agutus yang akan datang, bisa Anda manfaatkan untuk berwisata bersama anak ke kota-kota yang memiliki hubungan atau sejarah dengan Hari Kemerdekaan RI. Ya, Moms! Ini ide yang bagus untuk menikmati waktu berkualitas bersama keluarga, menambah wawasan anak sekaligus menumbuhkan rasa cinta anak pada tanah air.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, acara wisata ini juga bisa membantu anak lebih mudah memahami pelajaran yang mungkin ia dapatkan di sekolah tentang hari penting bangsa ini. Banyak kan, manfaatnya?
Nah, agar Anda tidak bingung mau mengajak anak berwisata ke mana, berikut destinasi wisata di 5 kota untuk habiskan long weekend HUT RI bersama anak:
JAKARTA
Tinggal di maupun di luar Jakarta, bukan masalah. Jakarta tetap bisa menjadi tujuan tepat untuk mengisi long weekend Anda.
Pasalnya, kota metropolitan yang satu ini punya segudang tempat berserajah di mana Anda bisa menceritakan sejarah kemerdekaan Indonesia pada anak.
1. Taman Proklamator
Loading Instagram...
Taman Proklamator yang ada di area Pegangsaan, Jakarta Pusat adalah lokasi di mana dua Proklamator Indonesia, Soekarno dan Hatta, membacakan teks proklamasi. Si kecil dapat melihat Tugu Proklamasi dan Tugu Petir, yang didirikan pada titik Bung Karno dan Bung Hatta berdiri saat itu.
ADVERTISEMENT
2. Gedung Joang 45
Gedung Joang 45 (Foto: Lolita/kumparan)
Sekitar 5 km dari sana, ada Gedung Joang 45 di Jl.Menteng Raya No.31, Jakarta Pusat. Gedung tua ini adalah tempat berkumpul dan berdiskusinya para Bapak Bangsa yang memegang peran kunci sampai proklamasi kemerdekaan bisa terjadi.
Kini, Gedung Joang 45 menjadi museum yang dilengkapi berbagai fasilitas. Ada ruang pameran temporer, pojok multi media, bioskop yang menayangkan berbagai film bertema perjuangan dan dokumenter, perpustakaan referensi sejarah, hingga ruangan khusus untuk anak.
3. Istana Negara
Lelah berkeliling museum-museum Jakarta, ajak anak melintasi komplek Istana Negara dan Istana Merdeka. Jelaskan pada anak di komplek istana Presiden tinggal dan berkantor. Ceritakan juga beberapa peristiwa penting yang sering dilaksanakan di sana seperti tempat menerima tamu-tamu negara hingga tentunya tempat upacara bendera pada tanggal 17 Agustus diselenggarakan.
ADVERTISEMENT
BLITAR
Kota Blitar identik dengan makam presiden pertama RI Ir. Soekarno. Untuk mencapainya, Anda dapat lebih dulu naik pesawat ke Bandara Juanda, Surabaya atau Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang dari kota tempat tinggal Anda. Ada apa saja di sana?
4. Makam Bung Karno
Makam Bung Karno di Blitar, Senin (6/8). (Foto: Flickr/Prayitno)
Kompleks makam Bung Karno dipenuhi dengan pilar-pilar tinggi yang fotogenik. Ada pula foto-foto perjalanan Sang Pahlawan Proklamator yang menarik dieksplorasi.
5. Istana Gebang
Puas berkeliling komplek makam Bung Karno jangan lupa mampir ke Istana Gebang yang hanya berjarak 2,2 km dari sana. Gedung itu adalah rumah masa kecil Soekarno di mana ia dibesarkan orangtuanya.
Banyak foto-foto lawas yang dapat membuat pengunjung merasa dekat dengan sosok Presiden Pertama RI yang banyak dicintai masyarakat hingga kini.
ADVERTISEMENT
6. Patung Kota Blitar
Sebelum meninggalkan Kota Blitar, jangan lupa berfoto dengan patung Soekarno setinggi sembilan meter di Simpang Herlingga.
MALANG
7. Melihat Tradisi Baritan
Malang memang tidak punya museum khusus untuk mengenang momen proklamasi, Moms. Namun kota ini punya tradisi unik untuk merayakan hari kemerdekaan, yakni tradisi Baritan.
Tradisi Baritan adalah acara tumpengan warga sekampung sebagai wujud rasa syukur dan mengandung nilai kebersamaan dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Mengajak buah hati ikut serta dalam baritan akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan berbagi. Sebab di penghujung acara, warga akan makan bersama menu yang telah disumbangkan untuk acara itu.
Loading Instagram...
Keesokan harinya, Anda bisa mengajak anak mengeksplorasi segudang tempat wisata di Malang dan kota sekitarnya. Ada Songgoriti, Selecta, Batu Secret Zoo, Dino Park, dan sejumlah spot wisata edukatif lain.
ADVERTISEMENT
BUKITTINGGI
8. Rumah Kelahiran Bung Hatta
Loading Instagram...
Di Bukittinggi, ada Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta. Di sanalah Bung Hatta lahir dan dibesarkan hingga berusia 11 tahun. Rumah aslinya sudah runtuh pada 1960-an, namun didirikan lagi mengikuti bentuk asli di tempat yang sama.
BENGKULU
9. Rumah Pengasingan Bung Karno
Loading Instagram...
Rumah yang ditempati Soekarno saat menjadi tahanan politik dan diasingkan Belanda ke Bengkulu, masih ada lho. Ditempati Soekarno pada tahun 1938 hingga 1942, hingga kini Anda masih dapat melihat ranjang besi, sepeda tua, dan buku-buku peninggalan Soekarno di sana.
Nah, jadi destinasi mana yang akan Anda pilih? Atau Anda punya ide destinasi menarik lainnya untuk mengisi long weekend 17 Agustus nanti? Sampaikan di kolom komentar yuk, Moms. Agar bisa jadi inspirasi keluarga lainnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85