Pencarian populer

9 Hal yang Harus Dilakukan Meghan Markle pada Trimester 1 Kehamilannya

Meghan Markle (Foto: REUTERS/Toby Melville/Pool)

Meghan Markle, wanita cantik dengan gelar Duchess of Sussex, istri Pangeran Harry dari kerajaan Inggris, tengah hamil anak pertama. Kabar gembira tersebut disampaikan secara resmi oleh Istana Kensington pada Senin pagi (15/10).

Tapi meskipun merupakan anggota kerajaan dan mengandung bayi berdarah biru, Meghan tetap sama dengan semua ibu hamil di dunia. Setidaknya sama-sama akan mengalami banyak gejala dan tantangan selama masa kehamilannya.

Pada masa awal kehamilan atau trimester pertama yang sedang dijalani Meghan Markle saat ini misalnya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan Meghan untuk menjamin kesehatan diri sendiri maupun janin di dalam perutnya.

kumparanMOM merangkum 9 di antaranya:

1. Minum vitamin prenatal

Vitamin prenatal sangat penting untuk memenuhi kebutuhan asam folat ibu hamil. Asupan asam folat dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat maupun lahir dengan berbagai gangguan atau kelainan kesehatan.

Ilustrasi rokok. (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)

2. Berhenti merokok

Merokok meningkatkan risiko berbagai masalah, termasuk keguguran, masalah plasenta, bayi lahir dengan bibir sumbing dan kelahiran prematur. Merokok juga bisa memperlambat pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko kelahiran mati dan kematian bayi. Karena itu, ibu hamil harus berhenti merokok!

Tapi untungnya, Meghan Markle tidak merokok. Bahkan, dilansir Vanity Fair pada Maret lalu, Meghan diketahui meminta Pangeran Harry berhenti merokok agar suaminya menjadi lebih sehat.

Meghan Markle (Foto: Instagram @jessicamulroney)

3. Berhenti minum alkohol

Konsumsi alkohol dapat meningkatkan kemungkinan berat badan lahir rendah serta risiko bayi kelak tumbuh menjadi anak yang mengalami masalah dengan belajar, berbicara, rentang perhatian, bahasa, hingga hiperaktif.

4. Kurangi kafein

Riset menunjukkan bahwa konsumsi kafein yang tinggi berkaitan dengan kasus keguguran dan masalah kehamilan lainnya. Itu sebabnya, laman American College of Obstetricians dan Gynecologists menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya membatasi asupan kafein mereka menjadi kurang dari 200 mg per hari atau sekitar 1 cangkir saja.

Namun sepertinya, Meghan Markle tidak akan punya masalah untuk yang satu ini. Sebab, minuman favoritnya bukan kopi. Dilansir Daily Meal, diketahui minuman yang paling disukai Meghan adalah air putih hangat yang diberi jeruk lemon!

Meghan Markle (Foto: Instagram/@meghanmarkle)

5. Memastikan aktivitas aman bagi kehamilan

Beberapa jenis aktivitas, pekerjaan, dan hobi bisa jadi berbahaya bagi ibu hamil dan bayinya. Karena Meghan kita tengah mengandung, kini akan ada tugas-tugas maupun benda-benda yang harus ia hindari.

Misalnya kegiatan yang membuat ibu hamil berisiko terpapar bahan kimia, logam berat (seperti timbal atau merkuri), agen biologis tertentu, atau radiasi. Terbayang sih, Moms, untuk Meghan, mungkin akan ada satu tim khusus kerajaan yang memastikan dan menjaganya dari hal-hal seperti ini.

7. Mempelajari tanda-tanda masalah kehamilan

Selama hamil, ibu hamil bisa saja merasakan rasa sakit, tidak nyaman, perasaan aneh atau gejala lainnya. Itulah kenapa untuk mengurangi rasa cemas dan dapat bersikap lebih waspada, ibu hamil maupun suaminya perlu mempelajari tanda-tanda masalah selama kehamilan. Apalagi bila ada riwayat kesehatan yang perlu lebih diperhatikan.

8. Pergi tidur lebih awal

Di awal kehamilan, ibu hamil akan lebih mudah lelah. Karenanya, meski punya puluhan pertemuan yang harus dihadiri dengan Pangeran Harry, Meghan tetap perlu lebih banyak waktu istirahat atau tidur lebih awal.

Tiram Mentah (Foto: Thinkstock)

9. Mulai menghindari makanan berbahaya

Selama kehamilan, sangat penting untuk menghindari makanan yang mengandung bakteri, parasit, atau racun. Ibu hamil, disarankan tidak mengonsumsi daging setengah matang, keju lunak yang tidak dipasteurisasi, apa pun yang mengandung telur mentah, sushi yang dibuat dengan ikan mentah, tiram mentah, dan kerang-kerangan lainnya, ikan yang mengandung merkuri tinggi, dan kecambah mentah.

Nah, artinya juru masak kerajaan sekarang harus lebih cermat menyiapkan makanan untuk Meghan Markle, nih! Dan semoga saja, Meghan bisa menikmati makanannya tanpa rasa mual yang berlebihan yang biasa dialami ibu hamil di trimester pertama.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: