Pencarian populer

Agar Makanan buat Anak Sehat juga Menarik, Pakai 5 Pewarna Alami Ini

Jus buah dan sayur sebagai pewarna alami (Foto: Thinkstock)

Pewarna pada makanan memang bisa jadi salah satu andalan dalam membuat hidangan yang menarik. Bonusnya, si kecil jadi tertarik dan lahap makannya. Tapi, sebaiknya Anda hanya memilih dan menggunakan warna-warni hidangan dari bahan alami.

Alasannya tentu saja lebih sehat dan aman dari berbagai risiko yang mengintai. Salah satunya berdampak pada gangguan kesehatan akibat menggunakan bahan pewarna buatan.

Tidak semua makanan bisa jadi pewarna alami, cek 5 bahan di bawah ini yang bisa Anda coba nanti sore nih, Moms:

1. Daun suji

Bila Anda ingin membuat kue yang berwarna hijau, gunakan daun suji. Daun suji biasanya digunakan sebagai pewarna pada kue jajanan pasar. Kandungan zat tanin di dalamnya bisa menghindari si kecil dari konstipasi atau susah buang air besar. Selain daun suji, Anda juga bisa menggunakan bayam.

Cara mendapat warna hijaunya, yaitu tumbuk daunnya sampai berair, berikan sedikit air, kemudian peras air yang ada di daun. Gunakan air perasan sebagai pewarna makanannya. Anda bisa memberi warna pada makanan dengan cara dicelup pada air yang perasan tersebut.

2. Buah Bit

Ilustrasi Buah Bit (Foto: Pixabay )

Manfaatkan buah bit untuk mendapat warna merah atau merah muda pada kue yang sedang Anda buat. Caranya kupas kulit buah, potong daging buahnya agar mudah diblender, baru kemudian tambahkan sedikit air dan blender. Kemudian disaring, lalu gunakan sebagai bahan pewarna.

3. Kunyit

Setelah mengupas kunyit, pasti tangan Anda akan berwarna kuning kan, Moms? Itu karena zat pewarna yang kuat yang terdapat di dalamnya. Kunyit dapat digunakan untuk memberi warna kuning pada makanan seperti nasi kuning. Cara mendapat warnanya yakni dengan memarut kunyit, lalu campur dengan air kemudian diperas.

Selain kunyit, Anda juga bisa menggunakan labu kuning untuk mendapat warna tersebut.

4. Stroberi

Buah Stroberi (Foto: Pixabay)

Stroberi juga bisa memberikan warna merah muda yang menarik. Selain warna, stroberi juga akan memberi aroma yang khas sehingga membuat makanan yang Anda buat lebih nikmat.

Saat menghaluskan buah ini, Anda bisa melakukannya dalam keadaan segar maupun beku. Lalu saring dan perhatikan bila masih mengandung air, maka panaskanlah dengan kompor untuk menghilangkan kelebihan airnya. Memang diperlukan banyak stroberi untuk membuatnya menjadi pewarna makanan, sebab kadar air dalam buah itu cukup banyak.

5. Wortel

jus wortel (Foto: Pixabay)

Untuk mendapatkan warna oranye atau jingga pada makanan, manfaatkanlah wortel. Perlu diketahui, Moms, rasanya yang manis bisa sekaligus Anda manfaatkan sebagai pemanis alami. Untuk itu lebih cocok dipasangkan dengan olahan yang manis-manis. Pertama-tama, blender wortelnya menggunakan sedikit air, kemudian gunakan hasil jus tersebut sebagai pewarna.

Sebagai tambahan tips, untuk mendapat warna yang lebih gelap, maka beri air sedikit saja. Sebaliknya bila ingin mendapat warna yang lebih terang, maka tambahkan airnya lagi, Moms.

Penulis: Nanda Saputri

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: