Pencarian populer

Ajak Anak Lakukan 5 Aktivitas Ini saat Asisten Rumah Tangga Mudik

Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Thinkstock )

Kewalahan mengurus rumah sendirian tanpa asisten rumah tangga (ART) pasti dialami oleh banyak ibu jelang Lebaran. Apalagi kondisi Anda juga sedang lelah pascamudik atau berkeliling untuk silaturahmi. Meski begitu, bukan berarti Anda mendiamkan rumah yang berantakan, Moms. Anda harus segera membereskannya dan ajak si kecil untuk terlibat menyelesaikan pekerjaan rumah yang ringan seperti:

1. Belanja

Mengajak anak belanja (Foto: Pixabay)

Isi kulkas dan lemari dapur sudah habis, saatnya Anda belanja, Moms. Ajak si kecil belanja ke supermarket atau pasar tradsional agar lebih seru. Sebelum berangkat, ajak juga ia untuk membuat daftar barang atau bahan yang harus dibeli.

2. Memasak

Coba ajak anak membuka berbagai resep makanan yang bisa jadi referensi. Setelah menemukannya, cek bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan. Lalu, beritahu anak apa yang harus dikerjakannya.

Misalnya seperti mencuci bahan-bahan masakan, mengembalikan bahan atau alat masak yang mudah untuk diraih dan dibawa. Saat proses memasak, minta anak Anda untuk menghindari peralatan tajam dan berada di dekat kompor yang menyala.

3. Mencuci Piring

Ilustrasi anak mencuci piring. (Foto: Thinkstock)

Mencuci piring jelas tidak bisa dilakukan oleh si kecil sendirian, tapi Anda bisa mengajak anak untuk berperan serta dalam kegiatan ini, Moms. Mulai dari membawa piring dan gelas ke tempat cuci misalnya. Lalu beri ia tugas mencuci peralatan makanannya sendiri yang tidak terbuat dari bahan pecah belah. Setelah selesai, pastikan piring dan gelasnya bersih dari sisa makanan atau sabun.

4. Melipat dan Menyimpan Pakaian

Anda bisa meminta bantuan si kecil untuk melipat pakaian yang baru saja diangkat dari jemuran. Mulai dari yang sederhana seperti baju kaos, sapu tangan, handuk, dan pakaiannya sendiri. Setelah selesai dilipat, minta anak menyimpannya ke dalam sebuah lemari atau keranjang khusus pakaian yang biasa disediakan di rumah.

5. Merapikan Rumah

Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Thinkstock)

Ajak anak merapikan berbagai sudut rumah, mulai dari pekerjaan yang ringan seperti meletakkan barang-barang yang berantakan di rumah keluarga pada tempatnya, mengelap meja, merapikan tempat tidur, menyapu dan mengambil sampah di sekitar rumah.

Namanya anak-anak, hasilnya memang belum tentu rapi dan bersih, tapi Anda harus menghargai dan memuji semangat hasil kerjanya. Kegiatan ini akan semakin seru apabila Anda menyetel musik atau lagu favorit keluarga.

Perlu diingat ya, Moms, mengajak anak membantu menyelesaikan pekerjaan rumah bukanlah pilihan yang buruk untuknya. Dengan meminta bantuannya, berarti Anda melatihnya untuk meningkatkan konsentrasi, menjadi anak yang mandiri, dan belajar bertanggung jawab.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53