Pencarian populer

Amankah Susu Kedelai untuk Ibu Hamil?

Ilustrasi ibu hamil minum susu. (Foto: Thinkstock)

Ada pro dan kontra terkait konsumsi susu kedelai bagi ibu hamil. Susu kedelai banyak disebutkan memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Dilansir dari Live Strong, Journal of Perital Education (2003) menyebut, para periset menemukan susu kedelai kaya kandungan vitamin D dan asam lemak omega 3.

Dengan begitu, susu kedelai bisa menjadi alternatif sehat bagi ibu hamil yang memiliki sedikit akses sinar matahari. Itu karena, kandungan vitamin D yang kaya, dan direkomendasikan pula sebagai sumber protein dan lemak nabati baik bagi para vegetarian. Selain itu, susu kedelai mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan otak janin.

Namun di samping itu kekhawatiran juga muncul, saat beredarnya informasi jika susu kedelai bisa membahayakan janin hingga menyebabkan keguguran. Benarkah?

Susu kedelai kemasan mengandung bahan pengawet. (Foto: Thinkstock)

Sebuah penelitian Frontiers in Neuroendoncrinology (2010) menguji coba hewan yang diberi kedelai yang mengandung isoflavon, hasilnya, hewan tersebut sulit hamil dan menunjukkan kemandulan permanen. Bahkan, kandungan fitoestrogen pada kedelai disebutkan juga menyebabkan risiko kanker payudara.

Penelitian lain mengungkap, ibu hami yang terlalu banyak mengonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan kadar estrogen. Akibatnya, dapat memicu kontraksi dan berpotensi keguguran pada trimester pertama.

Namun, penelitian itu belum cukup bukti untuk bisa menyimpulkan jika kedelai berbahaya bagi ibu hamil. Sebab selain uji coba tersebut dilakukan pada hewan dan bukan manusia, penelitian itu berisi banyak dugaan dibandingkan fakta yang teruji.

Penelitian yang dilakukan Linus Pauling Institute sebelumnya pada 2009 juga mengatakan, jika isoflavon pada kedelai belum diketahui pengaruhnya bagi wanita hamil. Tak hanya itu, American Cancer Society juga menemukan jika jarang terjadi efek samping bagi ibu hamil yang mengonsumsi susu kedelai. Kecuali, sesekali ganggungan ringan pada usus.

Nah, mengingat manfaatnya bagi ibu hamil dan janin, jadi susu kedelai aman buat dikonsumsi selama Anda tidak memiliki alergi. Namun, baik susu kedelai maupun susu lainnya, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan ya, Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: