kumparan
11 Des 2017 7:41 WIB

Anak Kecanduan Nonton Film? Coba Atasi dengan Cara Ini

Kebiasaan menonton film pada anak (Foto: Pixabay)
Harus diakui, anak zaman sekarang telah ikut ambil bagian sebagai penikmat film. Ketersediaan fasilitas digital seperti gadget ikut menunjang perubahan permainan anak-anak masa kini.
ADVERTISEMENT
Namun, jangan biarkan anak Anda sampai pada tahap kecanduan film. Kecanduan film dapat memberi pengaruh buruk terhadap anak Anda, baik kesehatan fisik dan mental. Salah satunya adalah obesitas. Hal ini disebabkan karena anak jarang bergerak dan cenderung banyak mengonsumsi camilan.
Dampak lainnya yang ditimbulkan adalah gangguan perilaku dan dan sikap yang dekat dengan kekerasan. Adegan-adegan di dalam film akan terpatri dalam imajinasi anak dan mewujud menjadi perilaku sehari-hari. Jika film menunjukkan adegan yang belum saatnya anak lihat, maka dampaknya ke perilaku anak akan sangat buruk.
Kecanduan film dapat diatasi dengan pendekatan yang tepat. Mengutip boldsky.com, cara mengatasi kecanduan film pada anak yaitu mengontrol tontonan, baik di jenis film dan kebiasaan menontonnya.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, Anda juga perlu mengalihkan anak dari kebiasannya menonton film. Bimbing anak Anda untuk melakukkan kegiatan yang menggerakkan aktivitas fisik. Ajak anak Anda melakukan kegiatan fisik di luar seperti olahraga atau jelajah alam.
Pada beberapa kasus, anak menjadi kecanduan film karena tidak menemukan hal menarik untuk dilakukkan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus aktif menemukan minat dan bakat pada anak.
Kecanduan film pada anak juga bisa disebabkan karena pola asuh orangtua. Pola asuh yang salah misalnya mendiamkan anak yang rewel atau meninggalkan anak menonton film sendiri ketika Anda sedang sibuk.
Menurut Elizabeth Santosa yang merupakan seorang psikolog dan penulis buku Raising Children Digital Era mengatakan bahwa tips orang tua untuk menghadapi anak yang suka menonton film yaitu kenali jenis tontonan.
ADVERTISEMENT
Anda harus mengetahui jenis film yang ditonton oleh anak Anda seperti mengetahui karekter pemeran dan alur cerita pada film tersebut. Temukan juga nilai moral, baik positif atau pun negatif yang terdapat dalam film.
Dengan itu, Anda dapat memanfaatkan film sebagai medium untuk mendidik buah hati. Elizabeth juga mengatakan bahwa diskusi dengan anak perihal film tersebut agar anak mengerti bahwa film yang tersebut baik atau tidak untuknya.
Kesimpulannya, orang tua wajib mendampingi sekaligus memberi batasan kepada anak dalam menonton film.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·