Pencarian populer

Anak Sulung Cenderung Lebih Cerdas Dibanding Anak Kedua dan Ketiga

Anak sulung cenderung lebih cerdas (Foto: Ben White/Unsplash )

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Edinburgh membawa sebuah kabar gembira bagi kamu, para anak sulung yang ada di seluruh dunia. Pasalnya, hasil penelitian ini mengemukakan bahwa anak sulung di sebuah keluarga cenderung memiliki otak yang lebih cerdas dibandingkan saudara-saudaranya.

Hasil yang cukup mencengangkan ini ditemukan dengan mengobservasi sebanyak 5000an orang remaja dengan rentang usia maksimal 14 tahun. Hal ini juga disokong dengan data yang diperoleh dari US Bureau of Labor Statistics, yang menemukan bahwa nilai rapor anak pertama lebih baik dibandingkan anak kedua dan ketiga.

Kenapa?

Hal ini dikarenakan anak pertama menerima lebih banyak stimulasi mental dari kedua orang tua mereka. Meski para orang tua memberikan perlakuan yang sama kepada anak-anak mereka, namun anak sulung menerima lebih banyak tugas dan perintah yang secara tak langsung meningkatkan kemampuan berpikir mereka.

Anak sulung mendapatkan skor lebih tinggi pada bidang membaca dan menguasai lebih banyak kosakata. Berdasarkan hasil penelitian, hal ini disebabkan oleh efek urutan kelahiran. Anak yang lahir lebih awal cenderung menerima edukasi yang lebih baik dan mendapat gaji lebih tinggi.

"Penelitian kami menemukan bahwa pergeseran atau perubahan perilaku orang tualah menyebabkan perbedaan edukasi dan pendapatan (gaji) bagi anak pertama," jelas Dr. Ana Nuevo-Chiquero dari Universitas Edinburgh, seperti dilansir oleh The Guardian.

Meski begitu, anak pertama cenderung memiliki indera penglihatan yang lebih buruk dibanding adik-adiknya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: