Pencarian populer

Anda Bisa Berkontribusi Ciptakan Generasi Maju, Caranya?

Ilustrasi generasi maju Foto: Shutterstock

Menyiapkananak agar kelak punya masa depan cerah memang tugas orang tua. Tapi ternyata persiapan dan dukungan orang tua saja tidak cukup untuk anak, Moms. Untuk bisa lebih efektif dan efisien, semua pihak perlu ikut mendukung sehingga tercipta support system yang saling berkesinambungan. Pihak-pihak itu sudah menyangkut yang lebih luas lagi, seperti tetangga kita, sekolah, hingga pemerintah dan swasta.

"Perlu diketahui sudah banyak yang pemerintah lakukan, demi menyiapkan Indonesia yang diprediksi menjadi negara maju pada tahun 2045, dengan berikhtiar menjadi negara berdaulat, maju, adil dan makmur. Dukungan masyarakat tentunya juga sangat dibutuhkan, karena pemerintah tak bisa berdiri sendiri. Seluruh masyarakat punya porsi masing-masing dalam memberi dukungan itu," jelas Meida Octarina, MCN selaku Asisten Deputi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK, pada acara Media dan Blogger Gathering “SGM Eksplor Ajak Masyarakat mendukung Masa Depan 33 Juta Anak Indonesia melalui Aksi Nutrisi Generasi Maju”, pada Rabu (20/3), di Jakarta.

Ilustrasi generasi maju Foto: Shutterstock

Meida menyebut beberapa contohnya. Di antaranya, generasi putri tidak boleh anemia, karena mereka yang menyiapkan generasi penerus. Karenanya mesti konsumsi asupan yang bergizi seimbang.

Lalu bagi calon ibu, juga harus tetap memerhatikan asupan gizi makannya dan mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan, serta wajib memberi ASI Eksklusif pada bayinya, bila tak mengalami kondisi tertentu yang mengharuskan intervensi susu formula.

Senada yang dikatakan Meida, Dokter Gizi Klinis, dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, SpGK di acara ini juga menjelaskan, nutrisi masih menjadi isu penting dalam pencapaian yang sedang dilakukan bangsa Indonesia.

Ilustrasi pola makan sehat untuk ibu hamil Foto: Shutterstock

"Pemenuhan nutrisi penting dilakukan sejak dini, karena itu yang menjadi modal tumbuh dan kembangnya anak. Pentingnya pula mengoptimalkan 1000 hari pertama kehidupan, karena pada masa itu otak anak berkembang sangat pesat. Sebaliknya, setelah lewat dari usia 2 tahun, pertumbuhan otaknya tidak bisa dikejar," katanya.

Lalu, dukungan kolektif masyarakat juga berperan penting demi ciptakan generasi maju lho, Moms. Ya, akan lebih mudah dicapai bila semua lapisan masyarakat ikut mendukung.

Sosiolog dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci., memaparkan, keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam aneka bentuk, misalnya mereka yang duduk di pemerintahan, pelaku usaha dan industri, akademisi serta warga masyarakat dengan memainkan aneka peran pentingnya, sehingga dapat membentuk support system, membuat perubahan dan berkontribusi terhadap pembangunan bangsa.

Ilustrasi guru di sekolah sebagai salah satu peran kontribusinya terhadap pembangunan bangsa Foto: Shutterstock

“Kita semua tentunya memimpikan Indonesia yang lebih baik dan lebih maju. Penyelenggaraan Asian Games dan pembangunan transportasi modern adalah dua milestone di antara kemajuan Indonesia yang patut menjadi inspirasi untuk mengembangkan berbagai kemajuan baik lainnya. Tugas kita sekarang adalah memastikan agar anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi generasi maju yang dapat meneruskan pembangunan bangsa sehingga mereka nantinya bisa menikmati kehidupan yang lebih baik,” kata Alyssa Soebandono, aktris dan ibu dari dua anak di acara ini.

Sederhananya, dalam mengasuh dan mendidik anak dibutuhkan banyak pihak untuk mendukungnya. Menyadari hal tersebut, SGM Eksplor meluncurkan gerakan sosial ‘Aksi Nutrisi Generasi Maju’ untuk menggerakkan seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung akses pemenuhan nutrisi bagi anak-anak Indonesia.

“Aksi Nutrisi Generasi Maju memiliki misi yang besar. Dengan semangat kemajuan dan prestasi yang sudah banyak dicapai bangsa kita saat ini, kami ingin mengajak berbagai pihak bersama- sama mendukung 33 juta anak- anak Indonesia menjadi Generasi Maju. Aspirasi kami adalah agar masyarakat menyadari bahwa anak- anak inilah yang nantinya akan menguasai bidang ekonomi, teknologi, dan berbagai sektor penting lainnya dan menentukan masa depan Indonesia ke arah yang lebih baik. Dan tentunya dukungan dalam pemenuhan nutrisi menjadi faktor penting bagi kemajuan mereka di setiap tahap tumbuh kembangnya,” kata Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo.

Media Gathering SGM Eksplor Aksi Nutrisi Generasi Maju Foto: Dok. SGM Eksplor

Lebih lanjut Astrid menjelaskan, “Masyarakat bisa berpartisipasi dalam gerakan sosial ‘Aksi Nutrisi Generasi Maju’ ini dengan cara mengupload foto di media sosial Facebook dan instagram menggunakan pledge (di Facebook dengan menggunakan frame profile foto dan di Instagram dengan sticker gift) yang sudah kami buat. Untuk mekanisme pledge bisa diperoleh informasinya di Facebook dan Instagram Aku Anak SGM. Satu aksimu melalui foto yang di-upload sama dengan satu dukungan nutrisi berupa 1 kotak susu SGM Eksplor untuk anak Generasi Maju.”

Aksi Nutrisi Generasi Maju mentargetkan 33.000 dukungan dari berbagai pihak akan diwujudkan dengan pemberian 33.000 kotak susu SGM Eksplor untuk anak di atas satu tahun sebagai gerakan sosial yang nantinya akan didonasikan untuk anak-anak Indonesia di berbagai kota atau kabupaten.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: