kumparan
16 Apr 2018 10:22 WIB

Aturan Naik Pesawat saat Hamil

Ibu hamil naik pesawat. (Foto: Thinkstock)
Moda transportasi pesawat memang jadi pilihan favorit untuk perjalanan yang cepat dan nyaman. Mulai dari traveling, liburan, mudik hingga dinas ke luar kota. Sudah tentu, terbang dengan pesawat pilihan paling praktis.
ADVERTISEMENT
Tapi, bagi ibu hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk ‘terbang’. Nah, apa saja?
Baby Center menyebut, setidaknya trimester kedua yaitu pada minggu 14 hingga 27 adalah saat yang paling tepat bagi ibu hamil jika ingin naik pesawat. Sedangkan, jika usia kandungan Anda sudah memasuki minggu ke-36 sebaiknya ditunda dulu, Moms.
Lebih lanjut, kumparanMOM (kumparan.com) telah merangkum aturan main naik pesawat saat hamil, seperti berikut ini :
Hindari jika ada tanda keguguran
Pendarahan saat hamil (Foto: Thinstock)
Jika kehamilan Anda menunjukkan kemungkinan keguguran seperti, kram, nyeri, hingga pendarahan maka sebaiknya hindari naik pesawat, Moms.
Selain itu, sebaiknya konsultasikan juga ke dokter kandungan Anda jika Anda memiliki riwayat keguguran saat hamil, kelainan plasenta, diabetes, tekanan darah tinggi dan adanya pembekuan darah.
ADVERTISEMENT
Memilih maskapai
Pastikan maskapai yang Anda pilih menerapkan standar keamanan untuk penanganan untuk masalah darurat kehamilan. Selain itu, pilih maskapai yang juga menyediakan kenyamanan optimal. Seperti, tempat duduk yang memiliki ruang bagi peregangan kaki Anda, Moms.
Posisi duduk
Kondisi di dalam pesawat. (Foto: Pixabay)
Secara tingkat keamanan, studi Popular Mechanics menyebut jika bagian belakang atau ekor pesawat adalah pilihan tempat duduk terbaik dengan kesempatan hidup lebih tinggi 40% saat kecelakaan. Terlepas dari hal itu, bagian tengah setelah sayap adalah pilihan duduk terbaik untuk perjalanan yang mulus dan minim guncangan.
Anda pun bisa memilih tempat duduk di lorong. Hal itu untuk memudahkan agar Anda bisa lebih leluasa saat ke kamar mandi atau sekadar jalan-jalan melakukan peregangan. Ganjal kaki Anda jika memungkinkan, agar pembekuan darah dapat dihindari.
ADVERTISEMENT
Sabuk pengaman
Pastikan Anda memakai sabuk pengaman, Moms. Ikat di bawah perut dan lebih rendah di bawah pinggul saat Anda duduk.
Minum cukup
Minum air putih baik bagi kulit? (Foto: Thinkstock)
Kabin yang cenderung kering dan berisiko bisa mengakibatkan dehidrasi bagi ibu hamil. Karenanya, Anda perlu minum air putih yang cukup.
Di samping itu, jika Anda merasa kandung kemih Anda penuh, jangan tahan pipis ya, Moms. Jangan lupa untuk cukupi kembali kebutuhan cairan Anda setelah berkemih dengan minum yang cukup.
Hindari makanan penghasil gas
Ketika naik pesawat, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas agar perut Anda tidak begah, seperti kubis, kacang dan minuman berkarbonasi.w
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan