Pencarian populer

Bahaya Alkohol untuk Ibu Menyusui

Menyusui, hindari alkohol (Foto: Pixabay)

Mengkonsumsi minuman beralkohol di masa menyusui bukanlah suatu keputusan yang baik. Salah jika ada anggapan yang mengatakan, konsumsi alkohol tidak akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI. Minum alkohol setiap hari, apalagi lebih dari satu gelas akan berdampak pada bayi.

Menurut The American Academy of Pediatrics Committee on Drugs, dampak dari ibu minum alkohol saat menyusui adalah: membuat bayi ngantuk, tidur berkepanjangan, sering terlihat lemah, proses tumbuh kembangnya terhambat, pertambhan berat badannya tidak normal dan kemungkinan berkurangnya refleks mengisap ASI. Selain itu, bayi baru lahir dengan organ hati yang belum matang akan lebih berisiko terkena dampak alkohol ini dibandingkan orang dewasa.

Minum alkohol akan mempengaruhi organ hati (Foto: Pixabay)

Dilansir babycenter.com, bayi yang mengkonsumsi ASI dari ibu yang mengkonsumsi alkohol mengalami masalah perkembangan motorik pada saat menginjak usia satu tahun. Meski hanya dalam jumlah yang sangat kecil, namun liver bayi masih belum bisa untuk mencerna alkohol seperti orang dewasa. Bahkan, bayi berusia tiga bulan hanya bisa mencerna 20% dari jumlah alkohol yang bisa dicerna oleh orang dewasa.

Jika seorang ibu mengkonsumsi alkohol pada saat menyusui, maka akan terjadi perubahan sikap yang ditunjukkan bayi tersebut. Bayi akan cenderung lekas tertidur sesaat setelah menyusu. Selain itu, bayi tidak akan bisa tidur dengan nyenyak. Periode tidur bayi lebih pendek dari biasanya.

Bahaya Minuman Alkohol Bagi Anak (Foto: Pixabay)

Kandungan alkohol dalam ASI bekerja seperti halnya kandungan alkohol dalam darah. Jika kandungan alkohol dalam darah menurun, maka kandungan darah dalam ASI juga ikut menurun.

Dilansir thebump.com, bila memang Anda hendak meminum alkohol, maka sebaiknya waktu minum dilakukan setelah menyusui bayi. Anda sebaiknya menghindari menyusui dalam waktu 2-3 jam setelah minum minuman beralkohol. Kadar alkohol tertinggi dalam darah dan ASI adalah rentang waktu 30-60 menit setelah Anda minum minuman beralkohol atau sekitar 90 menit setelah Anda minum minuman tersebut.

Alkohol dapat menyumbat pembuluh darah. (Foto: Thinkstock)

Untuk itu, sebaiknya Anda yang tengah menyusui menghindari konsumsi alkohol. Menghindari alkohol juga akan berdampak baik bagi kesehatan Anda dan bayi Anda.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: