kumparan
24 Okt 2018 9:10 WIB

Bihun Ajaib Ini Bisa Berubah Warna seperti Unicorn!

Bihun Unicorn (Foto: Instagram/ @thaimeemagic @luckyricedotcom)
Demam Unicorn memang tengah melanda banyak remaja hingga anak-anak khususnya anak perempuan. Segala pernak-pernik, pakaian, perlatan sekolah hingga makanan dan camilan serba Unicorn begitu diminati oleh mereka.
ADVERTISEMENT
Apakah anak Anda salah satunya, Moms? Bila ya, Anda harus tahu kalau sekarang juga ada yang namanya bihun Unicorn!
Ya Moms, alih-alih menyajikan bihun berwarna putih, sebuah restoran Thailand di New York, Amerika Serikat justru melakukan inovasi unik dengan menghidangkan sajian salad mi ala Thailand dengan warna biru dan ungu pastel nan cantik, layaknya Unicorn.
Sesuai dengan tampilannya yang menarik mata, menu bihun Unicorn tersebut diberi nama 'Magic Noodle Salad' atau Yum Woon Sen Dork Un Chun ini dapat dinikmati di restoran Thaimee at McGarren, New York dengan harga USD 12 atau setara dengan Rp 15 ribu.
Tak sekadar nama, keajaibannya memang ada di proses pembuatannya. Ya, bihun putih dan transparan tersebut 'disulap' terlebih dahulu oleh Chef Hong Thaimee agar dapat berubah warna saat disajikan.
ADVERTISEMENT
Bagaimana caranya?
Bihun Unicorn dari bunga telang (Foto: Instagram/ @tooomuchfoood @gansevoortmarketnyc)
Dilansir Daily Mail, pertama-tama, bihun mentah direndam terlebih dahulu di dalam cairan berwarna biru yang terbuat dari bunga telang (butterfly pea flower). Setelahnya, barulah bihun tersebut direbus hingga lunak, dan dicelupkan ke dalam mangkuk berisi air es.
Usai direbus dan dicelupkan ke dalam air es, bihun kemudian disajikan di piring, bersama dengan tomat, daun mint, bawang merah, dan bumbu pedas. Selain itu, pembeli juga dapat menambahkan topping lain mulai dari daging, lobster, udang, dan ayam sesuai selera (dengan tambahan harga, tentunya).
Lantas, bagaimana semburat warna ungu dapat dihasilkan, mengingat metode tersebut hanya menciptakan warna biru pada bihun?
Bihun Unicorn berubah warna bila diberi perasan jeruk (Foto: Instagram/ @thaimeebox @namle0529)
Di sinilah letak keajaibannya. Para pembeli harus memeras jeruk nipis dan mengucurkannya ke bihun terlebih dahulu. Lalu, perlahan-lahan, warna bihun akan menciptakan semburat warna ungu yang cantik. Semakin banyak perasan jeruk nipis yang ditambahkan, warna ungu pada bihun pun akan semakin muncul. Magic!
ADVERTISEMENT
Perubahan warna ini sendiri terjadi karena adanya kombinasi dari asam sitrat serta komponen antosianin yang menciptakan pigmen warna pada buah dan sayuran. Seperti dikutip dari Newsweek, seorang ilmuwan makanan di Universitas Negeri Pennsylvania, Gregory Ziegler, beberapa jenis kelopak bunga juga mengandung pigmen warna yang menyebabkan terjadinya perubahan warna tersebut.
Karenanya, saat bahan tersebut dipadukan bersama jeruk nipis atau bahan makanan lain yang tinggi asam, akan terjadi pergantian gradasi warna, dari biru ke merah, tergantung pada tingkat keasamannya. Jadi, warnanya alami dan aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk anak-anak.
Wah, sepertinya bakal segera ada yang mengikuti di Indonesia, nih. Kalau sudah ada, kira-kira akan tertarikkah anak Anda mencobanya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan