Pencarian populer

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?

Ibu Hamil (Foto: Dok. Thinkstock)
Sebagian orang percaya bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi makanan pedas. Mereka meyakini bahwa makanan pedas dapat menyebabkan ibu hamil keguguran, persalinan prematur dan membuat bayi cacat bawaan. Benarkah hal itu?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari momjunction, para ahli mengatakan itu hanya mitos belaka. Selama ini belum ada bukti medis bahwa makanan pedas dapat membahayakan kehamilan.
Makanan pedas aman dikonsumsi ibu hamil selama tidak berlebih. Makanan pedas juga tidak akan membahayakan janin. Justru capsaicin -senyawa kimia dalam cabai- baik buat ibu hamil untuk mencegah pembentukan sel kanker.
Meski aman untuk janin, makanan pedas mungkin saja membuat ibu hamil mengalami masalah lain seperti:
Memperparah Morning Sickness
Morning sickness adalah hal yang biasa terjadi selama awal kehamilan. Biasanya Anda akan merasa sakit perut, mual, bahkan muntah pada pagi hari. Hal ini terjadi berkat perubahan hormon dalam tubuh. Namun, kondisi ini akan semakin arah jika Anda mengonsumsi makanan pedas terutama pada trimester pertama.
ADVERTISEMENT
Mulas
Meski makanan pedas aman dikonsumsi saat hamil, tapi sebaiknya dihindari bila Anda menderita maag atau asam lambung. Terlebih saat usia kehamilan Anda telah memasuki trimester kedua dan ketiga.
Alasannya, mengonsumsi makanan pedas dapat memperparah sakit maag atau asam lambung yang diderita, sehingga perut Anda akan terasa mulas. Rasa ini tentu tidak nyaman untuk Anda saat hamil.
Namun, jika Anda tetap ingin mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya minumlah segelas susu setelah makan pedas untuk meminimilkan rasa panas dalam perut, atau satu sendok madu untuk mencegah rasa mulas setelah makan pedas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80