kumparan
27 Feb 2018 10:26 WIB

Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda?

Minuman Bersoda (Foto: Thinkstock)
Selama masa kehamilan, ibu hamil dituntut untuk selalu memperhatikan segala halnya dengan baik. Terutama soal makanan dan minuman. Sebab apa yang dikonsumsi ibu dapat mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungannya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana dengan soda? Bolehkah ibu hamil mengonsumsinya?
Ada kabar gembira bagi Anda pecinta minuman bersoda: Minuman bersoda aman bagi wanita hamil, sehingga boleh dikonsumsi. Minuman bersoda juga tidak akan mempengaruhi janin selama dikonsumsi dalam jumlah terbatas.
Dikutip dari Mom Junction, American College of Obstetrician and Gynecologist merekomendasikan agar ibu hamil tidak mengonsumsi minuman bersoda lebih dari 330 mililiter atau setara dengan satu botol atau kaleng kecil per hari.
Konsumsi minuman soda lebih dari jumlah tersebut dapat berdampak pada kesehatan Anda maupun janin Anda. Antara lain:
1. Kehilangan Kalsium
Salah satu kandungan zat kimia dalam minuman bersoda adalah asam fosfat. Zat tersebut berkontribusi terhadap meningkatnya penyerapan fosfor dalam tubuh. Kondisi itu bisa menghambat penyerapan kalsium yang sangat berguna bagi kesehatan tulang ibu hamil dan janin.
ADVERTISEMENT
Kalsium yang terserap oleh tubuh bisa mengakibatkan penurunan massa tulang yang dapat meningkatkan risiko osteoporosis pada ibu hamil.
2. Risiko Cacat Lahir
Minuman bersoda juga bisa menyebabkan bayi cacat lahir bila dikonsumsi tidak sesuai dengan takaran yang telah ditentukan.
3. Menyebabkan Bayi Obesitas
Kadar pemanis buatan dalam minuman bersoda cukup tinggi. Bila dikonsumsi secara terus menerus, maka berisiko melahirkan bayi dengan berat badan berlebih. Hal ini bisa meningkatkan terjadinya obesitas pada bayi sejak dini.
4. Keguguran
Mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak juga bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil. Jadi, lebih baik hindari mengonsumsi minuman bersoda sebelum usia kehamilan Anda memasuki minggu ke-20 dan jaga jangan sampai berlebihan jumlahnya, ya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·