kumparan
3 Okt 2018 18:36 WIB

Bolehkah Ibu Menyusui Minum ASI Perah Sendiri?

com-Minum Susu (Foto: Thinkstock)
Demi memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati, banyak ibu yang bertekad untuk menyusui atau memberikan ASI perah (ASIP) pada bayi. Memang, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi karena mengandung jumlah protein, vitamin, mineral, dan enzim yang tepat yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh.
ADVERTISEMENT
Selain kandungan nutrisi yang tak tertandingi dan dapat membantu tumbuh kembang bayi, ASI juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dan menjauhkan penyakit. Tak heran kalau, badan seperti Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan pemberian ASI saja pada bayi baru lahir hingga usia 6 bulan (ASI ekslusif) dan diteruskan sampai setidaknya selama dua tahun.
Begitu luar biasanya kandungan dan manfaat ASI, akhirnya banyak juga orang yang bertanya-tanya: bagaimana manfaat ASI untuk orang dewasa? Atau setidaknya yang paling dekat, manfaat ASI untuk sang ibu sendiri? Bolehkah ibu menyusui minum ASI perah miliknya?
Beragam teknik saat memerah bisa diterapkan ibu, agar produksi ASI perah melimpah. (Foto: Shutter Stock )
Sebenarnya, tidak ada salahnya meminum ASI perah Anda, Moms. Ini semua kembali pada pilihan Anda. Untuk beberapa ibu mungkin hal ini dianggap boleh-boleh saja, sementara untuk yang lain bisa jadi dianggap menjijikkan karena mereka percaya ASI seharusnya hanya untuk bayi.
ADVERTISEMENT
Tetapi bila Anda memutuskan untuk meminum ASI perah Anda sendiri, jangan berharap mendapatkan manfaat yang sama seperti yang didapat bayi dari ASI.
Meski begitu, bukan berarti nutrisi yang terkandung di dalam ASI tidak bisa memberikan Anda manfaat sama sekali. Setidaknya, ASI perah yang Anda minum bisa memberi Anda tiga manfaat di bawah ini:
1. Menambah Energi
Salah satu manfaat utama mengonsumsi ASI adalah menambah energi. Pasalnya, ASI penuh dengan protein dan vitamin. Kalau Anda sudah terbiasa dengan rasanya, ASI perah yang Anda minum itu juga bisa menjadi minuman yang menyegarkan.
Ilustrasi ASI Perah yang dikeluarkan dengan tangan (Foto: Unsplash)
2. Mencegah Kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ASI dapat membantu mengobati atau mencegah kanker. Para peneliti dari Gothenburg University di Swedia misalnya, menemukan ada senyawa dalam ASI yang dapat menyerang sel-sel kanker. Mereka juga menemukan bahwa zat ini memiliki efek pada hingga 40 jenis tumor yang berbeda.
Ilustrasi masalah jerawat (Foto: Shutterstock)
3. Obat Ajaib untuk Berbagai Penyakit Lain
ADVERTISEMENT
Banyak juga yang percaya bahwa ASI bisa digunakan layaknya obat ajaib untuk berbagai penyakit lain. Meski tidak ada bukti ilmiah mengenai hal ini, cukup banyak orang yang mengaku menggunakan ASI perah secara teratur untuk mengobati kondisi seperti jerawat, penyakit mata hingga untuk mengatasi diabetes.
Penyakit lain yang juga sering disebut-sebut bisa disembuhkan dengan ASI adalah rheumatoid arthritis yang merupakan salah satu penyakit auto-imun. Kabarnya, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa laktoferin yang merupakan senyawa dalam ASI lah yang ampuh untuk mengatasi penyakit ini.
Nah, bagaimana dengan Anda Moms? Apakah berminat meminum ASI perah Anda sendiri?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·