kumparan
16 Agu 2018 18:15 WIB

Bukan Lomba 17-an Biasa, Ajak Anak Coba 3 Permainan Ini

Ilustrasi anak Indonesia. (Foto: Shutterstock)
Perayaan 17 Agustus biasanya identik dengan lomba makan kerupuk, lomba balap karung atau lomba kelereng. Tapi sebenarnya tak hanya itu saja, ada banyak yang bisa Anda lakukan bersama anak dan keluarga untuk memperingati hari kemerdekaan. Misalnya saja, Anda bisa bermain tebak-tebakan seputar hari kemerdekaan bersama anak terutama bila anak sudah masuk usia sekolah. Selain menyenangkan, tentu bisa menambah wawasan dan pengetahuan si kecil, Moms.
ADVERTISEMENT
Nah, jika Anda bingung ingin bermain apa bersama anak, berikut pemerhati pendidikan, Weilin Han, berbagi tips permainan seru yang bisa Anda lakukan bersama anak dan keluarga saat 17 Agustus. Apa saja?
1. 'Bedah' UUD 45
Ilustrasi anak Indonesia. (Foto: Shutterstock)
Moms, tahukah Anda ada berapa paragraf pada pembukaan Undang-undang Dasar 1945 (UUD 45)? Berapa kali kata 'merdeka' muncul?
Ternyata, dalam pembukaan UUD 1945 yang hanya terdiri dari empat paragraf itu, ada kata merdeka atau kemerdekaan sebanyak tujuh kali. Bahkan, di paragraf ke dua yang sangat pendek, kata kemerdekaan muncul dua kali dan kata merdeka satu kali. Artinya, penting sekali makna merdeka bagi bangsa Indonesia.
Lantas, apa pula maksud kata merdeka disandingkan dengan bersatu, berdaulat, adil dan makmur? Artinya, sebagai negara yang merdeka, masyarakatnya harus bersatu dan mendapat keadilan dari negara.
ADVERTISEMENT
Coba berikan pertanyaan di atas untuk anak. Jika anak benar, beri ia apresiasi. Tak perlu yang mewah, sebuah pujian yang bijak juga bisa membuat hati si kecil senang.
Tapi kalau anak tak bisa menjawabnya, maka beritahu anak penjelasan di atas, Moms. Selain seru, permainan ini juga bisa menambah wawasan anak seputar makna kemerdekaaan pada pembukaan UUD 1945.
2. Membuat Puisi Kemerdekaan Bersama
Ilustrasi anak belajar dan membaca. (Foto: Thinkstock)
Membuat puisi bukanlah hal yang mudah dilakukan bagi banyak orang, termasuk juga bagi anak. Di sekolah, mereka sering mendapatkan tugas membuat puisi, tanpa tahu bagaimana cara yang menyenangkan untuk membuatnya.
Ada salah satu cara seru membuat puisi, yaitu membuatnya bersama-sama.
Untuk merayakan hari kemerdekaan tahun ini, yuk ajak anggota keluarga membuat puisi dengan kata MERDEKA. Cara bermainnya, setiap orang akan mendapatkan satu kata.
ADVERTISEMENT
Jadi misalnya, Anda mendapat kata M, anak sulung mendapat kata E, anak bungsu mendapat kata R, ayah mendapat kata D, dan selanjutnya. Kalau jumlah anggota keluarga kurang dari tujuh orang, maka ada anggota keluarga yang mendapatkan jumlah huruf yang lebih.
Setiap orang akan membuat satu kalimat, yang berisi rasa syukur yang dirasakan secara langsung, atau bisa berupa harapan di hari kemerdekaan. Yuk, kita coba, Moms. Anda bisa membuatnya seperti ini:
M-erayakan keberagaman dengan penuh syukur.
E-ratkan persahabatan dengan teman-teman yang beragam agama dan budaya.
R-asakan indahnya kebersamaan ketika kita bersatu.
D-engan giat aku membawa persatuan bagi bangsa ini.
E-nyahkan kebencian dengan melakukan kebaikan
K-emanapun aku pergi, aku akan selalu membagikan cintaku pada negeri ini.
ADVERTISEMENT
A-ku akan mengajak teman-temanku untuk makin mencintai Indonesia!
3. Mengenal Pahlawan di Uang Kertas
Ilustrasi anak menerima uang lebaran. (Foto: Thinkstock)
Uang kertas merupakan benda yang akrab di kehidupan sehari-hari. Anda dan anak tentu cukup hafal dengan warna dan nominal yang ditunjukkan. Tapi, apakah Anda dan keluarga mengenal tokoh-tokoh yang ada di uang kertas?
Yuk, coba mainkan bersama keluarga, Moms. Langkahnya mudah kok. Siapkan beberapa lembar uang kertas, lalu tanyakan pada anak siapa tokoh yang ada pada uang tersebut dan minta pula si kecil untuk menjelaskan asal-usulnya.
Seperti biasa, jika anak berhasil menjawab, Anda bisa memberikan apresiasi kepadanya. Permainan ini juga bisa dilakukan dua arah, sehingga si kecil juga punya kesempatan bertanya yang sama kepada Anda.
ADVERTISEMENT
Nah, selamat mencoba! Jika Anda punya ide permainan lain untuk merayakan 17 Agustus, silakan tulis di kolom komentar agar dapat menjadi inspirasi untuk keluarga lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan