kumparan
21 Mar 2018 11:57 WIB

Cara Agar Anak Doyan Sayur dan Buah

Mengajarkan anak tertib saat makan. (Foto: Thinkstock)
Anak perlu makan makanan sehat. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dan tidak gampang sakit. Untuk itu, perlu dibiasakan, Moms. Sebelum langsung ke urusan sayur dan buah, yang perlu dibiasakan adalah penerapan gaya hidup sehat.
ADVERTISEMENT
Ahli nutrisi DR. Rita Ramayulis, DCN, Mkes., menjelaskan bagaimana cara menerapkan gaya hidup sehat pada anak kepada 115 ibu inspiratif dari 20 kota di Indonesia dan media, dalam kegiatan DANCOW Inspiring Mom Academy 2018, Jakarta, Jumat (16/3).
DR. Rita Ramayulis, DCN, MKes. (Foto: Fina Prichilia/kumparan)
Simak berikut ini:
1. Orang tua mesti memberikan contoh
Ini penting, orang tua mesti terlebih dulu makan makanan sehat untuk kemudian ditiru anak. Tidak mau kan, saat Anda meminta anak makan sayur, lalu anak bilang, “Ibu saja tidak suka makan sayur?” Nah, yang ada nanti anak selalu berlindung pada tameng itu.
2. Lakukan penguatan nutrisi
Saat mengajarkan anak makan makanan sehat, maka akan lebih mudah saat nutrisi tersebut berada dalam jangkauan anak. Letakan sayur dan buah yang mudah dililhat anak, seperti di meja makan dan kulkas. Selain itu, bawakan anak bekal makanan sehat dengan variasi menu supaya anak tidak bosan.
ADVERTISEMENT
3. Lakukan edukasi makanan sehat
com-Tidak Mencuci Buah (Foto: Thinkstock)
Untuk menumbuhkan kesadaran dan semangat mengonsumsi makanan sehat, maka saat sedang makan beritahukan anak juga nutrisi yang terkandung dari makanan tersebut. Misalnya, “Nak, pepaya itu kaya vitamin A dan bermanfaat untuk kesehatan matamu.’’
4. Kiat jitu menangkal paparan dari luar
Ilustrasi anak makan junk food. (Foto: Thinkstock)
Mungkin di sekolah, si kecil akan menemui teman-teman yang tidak doyan makan sayur dan buah. Sesekali tidak masalah bila anak ingin makan makanan instan, hanya saja orang tua perlu terus menularkan gaya hidup sehat dengan lebih masif lagi. Misalnya, “Tidak apa-apa makan ini dan itu, tapi mesti dihabiskan dulu pisang di depanmu, ya.’’
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan