Pencarian populer

Cara Mengatasi Asma yang Kambuh Saat Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil dengan Masalah Kesehatan Foto: Pixabay

Ibu hamil yang punya penyakit asma harus waspada, karena mungkin saja penyakit tersebut kambuh sewaktu-waktu. Ya Moms, kehamilan bisa memperparah asma yang Anda derita. Meski begitu, jangan khawatir, serangan asma selama kehamilan bisa diatasi dengan cara yang aman dan benar.

Dikutip dari WebMD, mengendalikan asma dengan baik juga bisa menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, atau preeklampsia. Serangan asma yang tidak dikendalikan dengan baik selama hamil juga bisa membuat kadar oksigen dalam darah ibu menurun. Kondisi tersebut bukan hanya membahayakan diri Anda, tetapi juga bayi yang sedang di kandung, Moms.

Karenanya sebagai calon ibu, Anda perlu tahu cara menangani asma yang tepat saat hamil. Caranya adalah dengan tetap rutin menggunakan inhaler atau obat asma hirup selama kehamilan. Tak perlu takut untuk menggunakan inhaler, karena sebagian besar obat asma hirup mengandung albuterol, levalbuterol, pirbuterol, dan ipratropium yang aman untuk ibu dan bayi di dalam kandungan.

Ilustrasi Asma saat Hamil. Foto: Shutter Stock

Anda juga tetap bisa mengkonsumsi obat oral. Secara umum obat-obatan asma yang diminum juga aman bagi ibu hamil dan menyusui. Namun bila ragu, Anda bisa memastikannya kembali ke dokter kandungan sejak awal kehamilan.

Selain itu, Anda juga bisa mencegah kambuhnya asma dengan cara menghindari berbagai faktor pemicu serangan asma seperti menghindari bulu hewan, debu, asap serta menjauhi asap rokok. Para ahli juga merekomendasikan ibu hamil penderita asma untuk melakukan vaksin flu agar mendapat perlindungan ekstra.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.54