Pencarian populer

Contoh Menu MPASI 4 Bintang Sesuai Usia Bayi

MPASI Bayi Foto: Shutterstock

Pemberian menu MPASI 4 Bintang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil agar ia terhindar dari mal nutrisi, berat badan rendah, ataupun stunting di kemudian hari. Pemberiannya disarankan pada setiap waktu saat si kecil makan makanan pokok. Sedangkan di sela-sela waktu makanan utamanya, ibu bisa memberikan buah-buahan atau camilan sehat supaya nutrisinya tetap terjaga.

Anda bisa mengkreasikan menu MPASI 4 bintang sendiri di rumah sesuai dengan makanan kesukaan anak, Moms. Prinsipnya si kecil boleh-boleh saja makan semua jenis makanan lokal yang ada di Indonesia. Hanya saja sesuaikan porsi, frekuensinya, dan tektsurnya sesuai usia anak.

"Negara kita Indonesia, memiliki bahan pangan yang sangat banyak sekali. Jadi kita berikan bayi sesuai dengan bahan makanan lokal ibunya, jadi semuanya makanan lokal di Indonesia boleh," ujar Dokter Anak dr. Ayi Dilla Septarini, Sp.A, dalam seminar "Masak MPASI, Yuk!" di Graha Sartika Wulansari Bekasi (7/4).

Bahkan Anda juga boleh menambahkan bumbu-bumbu aromatik di dalam makanannya, agar rasanya tidak terlalu hambar, sehingga selera makan si kecil meningkat.

"Kita tidak mewajibkan gula dan garam. Tapi kita tidak mengharamkan. Prinsipnya bayi itu apalagi bayi-bayi yang menyusui langsung ke ibunya, bayi-bayi yang menyusu langsung ke ibunya dia sudah merasakan cita rasa makanan ibunya melalui ASI. Ibunya makanannya pasti enak. Mengandung gula dan garam, begitu dikasih makan di usia 6 bulan, tanpa gula dan garam, kalau bayinya maunya ya silahkan alhamdulillah. Kalau bayinya ternyata tidak mau, ya jelas saja karena rasanya anyep hambar, jadi boleh diberikan sedikit gula dan garam," kata dr. Dilla.

Agar tak bingung mengkreasikan masakan apa untuk si kecil, 3 contoh menu MPASI 4 Bintang berikut ini mungkin bisa Anda coba, Moms. Semua resep ini dirangkum kumparanMOM dari kumpulan resep Praborini Lactation Team.

Mashed Potato untuk Bayi Usia 6-9 Bulan

Mashed Potato. Foto: Shutterstock

Bila si kecil baru memulai MPASI, sebelum memberinya menu MPASI 4 bintang sebaiknya ia diberi menu tunggal terlebih dahulu selama seminggu. Hal itu dilakukan untuk melihat apakah ada reaksi alergi pada makanan tertentu. Setelah itu, Anda boleh memberinya menu MPASI 4 bintang. Pada usia 6-9 bulan, makanan bayi disarankan bertekstur puree.

Untuk mengenalkan MPASI pertama kali padanya, Anda bisa memberikan mashed potato padanya. Pertama-tama siapakan dulu bahannya seperti kentang 1 kg, 250 susu tawar segar, 1 buah bawang bombay, 2 sdm minyak zaitun, sedikit garam, sedikit black pepper atau dapat diganti merica putih, Moms.

Setelah semua bahan tersedia, kupas kentang, rebus dalam air hingga terendam. Angkat saat sudah empuk. Haluskan kentang dengan ulekan. Kemudian panaskan minyak zaitun, masukkan bawang bombay, tumis hingga harum dan layu. Masukkan susu. Saat susu sudah hangat, masukkan kentang, garam dan merica, aduk hingga tercampur rata.

Sapo Tahu Udang untuk Bayi 9-12 Bulan

Bila si kecil berusia antara 9-12, si naikkan tekstur makanannya dari puree menjadi makanan yang dapat cincang. Misalnya seperti sapo tahu udang. Pertama-tama siapkan 3 potong tofu jepang rasa udang, goreng sebentar. 250 gram udang, 5 buah wortel, 1 buah brokoli, sedikit gula garam, sedikit maizena larutkan, air, 5 buah bawang merah, diiris, 1 buah bawang bombay, diiris. Setelah itu siapkan juga 5 buah bawang putih halus, 3 butir merica halus, dan 2 buah kemiri.

Pertama-tama tumis bumbu yang telah diiris dan bumbu yang telah dihaluskan. Masukkan sayuran potong dan udang, tumis sampai sedikit layu. Masukkan air, beri gula dan garam sedikit, Jika sudah mendidih, koreksi rasa, masukkan tofu yang sudah digoreng, larutkan maizena, aduk sebentar lalu matikan api. Setelah itu cincang halus dan sajikan pada bayi, Moms.

Pastikan makanan yang Anda berikan sudah empuk dan dipotong-potong sesuai dengan kemampuan mengunyah bayi.

Tumis Ayam Wortel Buncis untuk Anak 1 Tahun

Tumis Ayam Wortel Buncis. Foto: Shutterstock

Setelah si kecil berusia 1 tahun, ia sudah dapat dikenalkan dengan makanan keluarga. Jadi apa yang Anda makan di rumah sudah boleh diberikan padanya. Seperti tumis ayam wortel buncis, perkedel tahu daging, nasi rawon, gulai otak brokoli, dan masih banyak lainnya.

Meski begitu tetap sesuaikan dengan kemampuan mengunyah dan menelan anak ya, Moms. Naikkan teksturnya secara perlahan agar si kecil bisa menikmati makanannya.

Nah Moms, jika Anda tertarik membuat tumis ayam wortel buncis si kecil yang sekarang sudah berusia 1 tahun, Anda bisa menyiapkan beberapa bahan berikut ini: 100 gram ayam dada potong dadu, 2 siung bawang putih dan bawang bombay, wortel secukupnya, paprika secukupnya, buncis secukupnya, minyak, garam 1/4 sdt, lada 1/4 sdt, air sedikit untuk menumis.

Cara membuatnya pertama siapkan air mendidih. Rebus wortel, buncis, hingga setengah matang. Panaskan minyak zaitun, masukkan bawang putih, paprika dan bawang bombay hingga harum kecokelatan. Lalu masukkan daging ayam hingga setengah matang. Terkahir masukkan wortel buncis secukupnya, sedikit air, garam dan lada. Masak hingga matang dan air habis.

--------------------------------------------------------------------------------------------------

Masih ada artikel-artikel tentang MPASI 4 Bintang lainnya yang kumparanMOM siapkan untuk Anda. Agar betul-betul paham, yuk baca habis semuanya!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21