Pencarian populer

Ganti Uang Lebaran Anak dengan 6 Benda Ini

Ilustrasi anak mendapat amplop Lebaran. (Foto: Thinkstock)

Saat Idul Fitri, memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk memberikan uang Lebaran kepada anak-anak. Sayangnya, banyak anak yang lantas menggunakan uang ini untuk hal yang kurang tepat. Untuk membeli petasan atau jajanan yang tidak sehat misalnya. Wah, jadi dilema ya, Moms.

Tapi kalau Anda ingin sedikit mengubah tradisi, tidak ada salahnya, lho. Misalnya dengan mengganti uang Lebaran dengan benda lain. Anak-anak yang menerima tentunya akan senang karena seolah mendapat hadiah tak terduga. Apalagi kalau benda yang Anda berikan bermanfaat dan sesuai dengan selera anak juga.

Apa saja misalnya? Berikut ini 5 barang yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda:

1. Celengan

Celengan bisa menjadi ide hadiah pengganti uang untuk anak yang sesuai dengan momen Lebaran. Katakan pada anak-anak, celengan ini Anda berikan untuk menyimpan uang Lebaran yang mereka terima dari saudara-saudara atau tetangga yang lain. Jadi sekaligus mengajarkan anak menabung sejak dini, kan?

2. Buku

Ilustrasi anak membaca. (Foto: Thinkstock)

Anda juga bisa memberi buku pada anak-anak yang bersilaturahmi ke rumah Anda. Misalnya seperti buku-buku Kisah 25 Nabi, buku doa-doa harian anak, buku dan buku cerita kisah Islami lainnya. Dengan begini, Anda tidak hanya memberikan sesuatu yang unik tapi juga menumbuhkan minat baca anak.

Apalagi kalau Anda dapat menemukan buku cerita anak dengan tema Idul Fitri. Cari di toko buku atau coba saja beli online, Moms.

3. Kue istimewa

Ilustrasi bingkisan kue kering (Foto: thinkstock)

Kue Lebaran memang banyak. Tapi umumnya jenisnya itu-itu saja dan tidak dibuat khusus untuk anak. Coba siapkan kue jenis kukis dengan bentuk-bentuk lucu yang khas anak. Entah itu bentuk binatang, abjad atau orang-orangan. Pasti istimewa!

Bisa juga, berikan anak sekantung camilan sehat yang sudah Anda pilih. Entah itu bolu keju, cupcakes isi wortel atau lengkapi dengan susu kotak.

4. Alat Tulis

Karena sebentar lagi tahun ajaran baru, kenapa tidak memberi anak alat-alat tulis? Misalnya seperti penghapus, pulpen, penggaris, rautan, hingga tempat pensilnya.

Anda dapat menyiapkan beberapa dalam satu kantung untuk tiap anak atau berikan satu saja pun tidak apa-apa bila bentuknya sudah cukup menarik. Supaya lebih spesial, beri pita kecil.

5. Botol Minuman

Botol air minum. (Foto: Thinkstock)

Botol minuman juga bisa jadi alternatif pengganti uang Lebaran untuk anak, Moms. Saat ini sudah banyak tersedia botol minuman anak dengan bentuk, warna dan karakter yang lucu dengan harga terjangkau. Setelah Lebaran berlalu, botol minum akan tetap berguna untuk dipakai sekolah.

6. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah juga bisa jadi pilihan Anda. Misalnya seperti mukena, peci, sarung, atau sajadah kecil. Memberikan anak perlengkapan ibadah, bisa memicu ia agar lebih semangat dalam beribadah sehari-hari.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32