Pencarian populer

Ibu Hamil Perlu Tahu: Ternyata Rahim Tidak Bebas Bakteri!

Ilustrasi janin Foto: Shutterstock

Apa yang selama ini Anda bayangkan tentang rahim seorang ibu hamil? Satu tempat yang bersih dan steril di mana bayi di dalamnya terlindungi dari paparan bakteri? Atau, Anda mungkin pernah mendengar bagaimana bayi baru akan terpapar oleh bakteri saat melalui jalan lahir dalam persalinan normal? Moms, ternyata tidak seperti itu lho!

Sebuah studi fisiologi kehamilan terbaru menemukan fakta bahwa sejumlah kecil bakteri juga ditemukan di kantong ketuban, plasenta bahkan juga di usus bayi jauh sebelum terjadi persalinan.

Temuan studi ini diterbitkan dalam jurnal Birth Defects Research Bagian C yang berjudul Embryo Today sebagaimana dilansir oleh Time. Birth Defects Research adalah publikasi resmi Masyarakat Teratologi internasional. Teratologi adalah ilmu yang mempelajari tentang efek toksis terhadap malformasi atau cacat pada embrio.

Ilustrasi Penelitian Foto: luvqs

Lantas apa artinya jika ternyata bayi terpapar bakteri jauh lebih awal dari yang selama ini kita duga? Tidak ada perubahan apa-apa juga, sih, Moms. Tapi temuan ini jelas mengubah gambaran tentang kesehatan prenatal atau perkembangan bayi selama di dalam kandungan.

Para ilmuwan kini terus meneliti bagaimana bakteri bisa masuk ke dalam kantong amniotik (kantong ketuban) ibu. Apa pentingnya meneliti hal ini? Sangat penting, Moms! Bila bakteri yang ada dalam kantong ketuban tersebut terbukti masuk dari mulut misalnya, itu berarti makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil maupun kesehatan giginya dapat memengaruhi bakteri apa yang dipaparkan kepada bayi. Hal ini juga berarti akan memainkan peran dalam perkembangan dan bahkan penyakit yang mungkin dimiliki bayi di kemudian hari.

Ilustrasi bayi di dalam rahim Foto: Shutterstock

Itulah kenapa, walalupun belum diketahui secara pasti dari mana bakteri yang ada di kantong ketuban, plasenta dan di usus bayi berasal, ibu hamil perlu sangat menjaga kesehatan diri maupun lingkungannya.

Dr. Sharon Meropol, salah seorang ilmuwan dalam kelompok studi ini mengatakan, "Penelitian ini belum selesai, tapi kami tahu dan semakin yakin betapa penting bagi ibu menjaga kesehatan diri maupun lingkungannya."

Jadi bila tengah hamil, ada baiknya Anda pun mempertimbangkan hal ini ya, Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38